5 Julukan Negara Vietnam sebagai Negara Sosialis Asia Tenggara

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
30 April 2023 16:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Vietnam (pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Vietnam (pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Vietnam merupakan sebuah negara di Asia Tenggara. Berbagai julukan negara ini sangat menarik untuk kita ulas bersama.
ADVERTISEMENT
Mauli Oki dalam buku Ensiklopedia Kota-Kota Besar di Dunia, menyatakan Hanoi merupakan nama ibu kota negara Vietnam yang terletak di tepi Sungai Merah dan telah menjadi pusat budaya Vietnam sejak abad ke-7.

Berbagai Julukan Negara Vietnam sebagai Negara Sosialis

Ilustrasi Vietnam (pixabay)
Vietnam pernah menjadi koloni Prancis selama hampir satu abad. Namun pada tahun 1954, Vietnam berhasil meraih kemerdekaannya setelah mengalahkan Prancis dalam perang yang berkepanjangan. Sejak saat itu, Vietnam beralih ke sistem sosialis dan membentuk Partai Komunis Vietnam sebagai pemerintahannya.
Berikut ini adalah 5 julukan negara Vietnam sebagai negara sosialis di Asia Tenggara:

1. Negeri Para Pahlawan

Julukan ini merujuk pada perjuangan rakyat Vietnam yang gigih dan tidak kenal lelah dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemakmuran negaranya. Selama perang melawan Prancis dan Amerika Serikat, rakyat Vietnam terkenal dengan semangat juang dan patriotisme yang tinggi.
ADVERTISEMENT

2. Vietnam Merah

Julukan ini merujuk pada warna bendera Vietnam yang menggunakan warna merah sebagai warna utama. Warna merah juga merupakan simbolisme dari ideologi sosialis yang dianut oleh negara ini.

3. Hanoi, Ibukota Merah

Hanoi adalah ibukota Vietnam dan sering disebut sebagai "Ibukota Merah". Julukan ini merujuk pada paham sosialis yang dianut oleh negara ini, di mana warna merah menjadi simbol utama ideologi sosialis.

4. Negeri Nasi

Julukan ini merujuk pada masakan khas Vietnam yang terkenal dengan beragam hidangan nasi yang lezat. Nasi merupakan makanan pokok di Vietnam dan menjadi simbol dari kesejahteraan rakyat di bawah sistem sosialis.

5. Negeri dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Asia Tenggara

Meskipun menganut sistem sosialis, Vietnam berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini menjadi salah satu kebanggaan bagi rakyat Vietnam, di mana sistem sosialis dianggap dapat menghasilkan kemakmuran bagi rakyatnya.
ADVERTISEMENT
Itulah 5 julukan negara Vietnam sebagai negara sosialis di Asia Tenggara. Meskipun menganut sistem sosialis, Vietnam tetap memperlihatkan kemajuan dan kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, dan budaya.
(AZZ)