5 Ramalan Jayabaya yang Dipercaya dan Terbukti Benar

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ramalan Jayabaya. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ramalan Jayabaya. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ramalan Jayabaya membahas mengenai masa depan Indonesia. Dipercaya ada berbagai ramalannya yang terbukti benar.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Proklamasi Kemerdekaan Bangsaku oleh Darto Singo, Jayabaya merupakan raja di Kediri yang menjabat pada tahun 1157. Raja Jayabaya banyak mengemukakan ramalan mengenai masa depan. Bahkan, ramlananya paling banyak disebut orang selama masa penjajahan Jepang.
Dari berbagai ramalan Jayabaya, ada berbagai ramalan yang dipercaya dan terbukti benar. Apa saja?

Ramalan Jayabaya yang Dipercaya dan Terbukti Benar

Ilustrasi Ramalan Jayabaya. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai ramalan Jayabaya yang dipercaya dan terbukti benar:

1. Banyak Bencana Alam

Bencana alam menjadi salah satu topik dalam ramalan yang diungkapkan Jayabaya. Dalam bahasa Jawa, Jayabaya mengatakan ramalan dengan arti "banyak peristiwa alam serta kehidupan masyarakat yang luar biasa. Musim hujan tak teratur dan curah hujan sering tinggi hingga sama sekali tidak hujan".
ADVERTISEMENT
Jayabaya juga mengatakan bahwa banyak terjadi gempa bumi yang memakan banyak korban jiwa baik manusia, hewan, maupun harta benda. Tak hanya itu, fenomena misterius seperti gerhana juga sering terjadi.

2. Menjamurnya Korupsi

Dalam Kitab Jangka Jayabaya, tertulis bahwa tanah air akan mengalami praktik korupsi dimana-mana. Fenomena ini terlihat dari para pejabat yang melanggar sumpah jabatan akibat haus kekuasaan.
Ramalan Jayabaya sudah memprediksi hal tersebut dengan kalimat yang berarti banyak orang tidak menepati janji serta banyaknya pejabat yang korupsi dan melanggar berbagai aturan.

3. Perilaku Menyimpang

Jayabaya juga membahas mengenai penyimpangan perilaku dalam ramalannya. Secara tersirat, Jayabaya pernah mengatakan bahwa banyak perawan tua, janda hamil, serta bayi yang tidak jelas siapa bapaknya.
Selain itu, Jayabaya juga mengatakan mengenai rasa kemanusiaan yang semakin terkikis, agama ditendang, bumi makin mengecil, hingga laki-laki yang banyak merendahkan derajatnya.
ADVERTISEMENT

4. Perpecahan Jawa

Dalam penelitian yang tertuang pada buku berjudul Atlantis The Lost Continent Finally Found terdapat penjelasan bahwa atlantis adalah negeri dengan mineral serta kekayaan hayati yang melimpah.
Namun, kemewahan tersebut harus lenyap akibat terpisahnya Jawa dari Sumatera yang menyebabkan sedikitnya separuh Nusantara tenggelam. Kejadian tersebut sudah pernah dituang dalam Kitab Jangka Jayabaya.

5. Kemunculan Pesawat Terbang

Salah satu ramalan Jayabaya yang terbukti adalah mengenai munculnya pesawat terbang, kereta, hingga rel kereta. Di era yang semakin modern ini, ramalan tersebut sudah terjadi.
Ramalan Jayabaya tersebut berarti "Esok apabila telah muncul kereta tidak berkuda, tanah Jawa memakai kalung besi, sungai hilang lubuknya, perahu berjalan di angkasa, pasar hilang kumandangnya, itu adalah tanda zaman Jayabaya makin dekat".
Nah, itu dia sekilas pembahasan mengenai ramalan Jayabaya yang dipercaya dan terbukti benar. (LAU)
ADVERTISEMENT