Konten dari Pengguna

5 Rumah Adat Papua dan Keunikannya yang Kaya akan Makna

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
16 Juni 2024 23:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rumah adat papua dan keunikannya, sumber foto: Jeffry Surianto by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rumah adat papua dan keunikannya, sumber foto: Jeffry Surianto by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Papua adalah salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan kecantikan alam dan rumah adatnya. Sayangnya banyak orang yang hanya mengetahui rumah honai, padahal rumah adat Papua dan keunikannya bukan hanya itu saja.
ADVERTISEMENT
Ada beragam rumah ada yang ada di Papua sesuai keberadaanya sukunya. Pastinya setiap rumah ada memiliki bentuk, keunikan, serta makna berbeda-beda sesuai kepercayaan suatu suku-suku di Papua.
Dikutip dari buku Ekologi Papua karya Andrew J. Marshall, Sri Nurani Kartikasari, dan Bruce Beehler, simak beberapa rumah adat di Papua dalam penjelasan berikut.

Rumah Adat Papua dan Keunikannya

Ilustrasi rumah adat papua dan keunikannya, sumber foto: blackinkstudio07 by pixabay.com
Papua bukan hanya indah akan kekayaan alamnya saja, tetapi juga rumah ada dari berbagai suku yang ada. Seperti berikut beberapa rumah adat Papua dan keunikannya yang belum banyak masyarakat Indonesia ketahui.

1. Rumah Kariwari

Rumah Kariwari adalah rumah yang didiami oleh suku Tobati-Enggros, rumah ini punya bentuk atap segi delapan. Atap tersebut bertingkat tiga yang dipercaya menjaga rumah dari cuaca dingin maupun angin kencang lebih baik.
ADVERTISEMENT

2. Rumah Honai

Honai menjadi salah satu rumah adat Papua yang paling terkenal, hanya bisa ditemukan di suku Dani lembah Baliem Jayawijaya Papua. Menariknya rumah honai ini khusus ditempati oleh laki-laki sedangkan perempuan memiliki rumah tersendiri.

3. Rumah Ebei

Jika honai ditempati laki-laki, maka rumah ebei adalah rumah adat untuk perempuan suku Dani. Namun anak laki-laki yang masih kecil diperbolehkan tinggal di tempat ini sampai beranjak menjadi laki-laki dewasa.

4. Rumah Hunila

Ada juga rumah Hunila yang hampir sama dengan rumah Honai hanya saja bentuknya lebih luas dan memanjang. Rumah ini menjadi pusat pembuatan makanan bagi seluruh penghuni silimo atau beberapa rumah honai.

5. Rumah Rumsram

Rumah rumsram menjadi rumah adat unik di Papua yang ada di pantai Utara Papua punya suku Biak Numfor. Namun rumah dengan bentuk atap persegi panjang seperti perahu terbalik ini dijadikan tempat belajar khusus bagi laki-laki.
ADVERTISEMENT
Setiap rumah adat Papua dan keunikannya pasti memiliki makna dan fungsi masing-masing. Bahkan hampir setiap suku yang ada di Papua memiliki rumah ada masing-masing yang sangat kaya akan makna.(DSI)