5 Tujuan Adanya Konsep Kronologis dalam Ilmu Sejarah

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah. Sumber: Jay Turner/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah. Sumber: Jay Turner/pexels.com
ADVERTISEMENT
Ilmu sejarah membutuhkan konsep kronologis untuk membuat orang awam lebih paham akan peristiwa sejarah yang dicatat. Adapun tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah adalah membantu memberikan informasi yang mudah dipahami mengenai kejadian di masa lalu.
ADVERTISEMENT
Satria dan Hastuti dalam Inovasi E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Kronologi Peristiwa menyebutkan bahwa syarat penyusunan peristiwa sejarah adalah berdasarkan konsep kronologis.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah, simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Tujuan Konsep Kronologis pada Ilmu Sejarah

Ilustrasi tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah. Sumber: Dominika Roseclay/pexels.com
Dalam mempelajari ilmu sejarah, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui kapan dan bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Nah, untuk memahami hal tersebut, seorang sejarawan perlu menyusun kejadian bersejarah berdasarkan konsep kronologis.
Adapun tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah antara lain:

1. Membuat Penulisan dan Penelitian Sejarah Lebih Terorganisasi

Pada dasarnya, konsep kronologis bertujuan untuk menyusun cerita sejarah berdasarkan urutan waktu. Nah, hal itu bisa membantu memudahkan penulis maupun peneliti ketika hendak melakukan analisis serta interpretasi dari peristiwa di masa lalu.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, ketika seorang penulis maupun peneliti telah mampu memahaminya, maka proses penulisan dan penelitian akan lebih terorganisasi.

2. Membantu Menyusun Narasi Sejarah

Tujuan konsep kronologis berikutnya adalah membantu menyusun narasi sejarah secara koheren dan kohesif. Pasalnya, kronologi menentukan urutan atau alur waktu dari suatu peristiwa.
Ketika urutan peristiwa yang disusun telah sesuai, maka narasi sejarah yang ditulis pun juga akan lebih koheren serta kohesif.

3. Membentuk Kerangka Waktu yang Lebih Teratur

Konsep kronologis membantu kerangka waktu dalam peristiwa sejarah lebih teratur berdasarkan periode tertentu. Situasi tersebut akan memudahkan peneliti dalam meneliti perkembangan dari peristiwa sejarah.

4. Mengidentifikasi Hubungan antar Peristiwa

Tujuan konsep kronologis lainnya adalah mengidentifikasi hubungan antar peristiwa bersejarah. Pada umumnya, setiap peristiwa sejarah mempunyai keterkaitan satu sama lain.
Untuk menghindari kesalahpahaman, maka dibutuhkan konsep kronologis untuk mengurutkan pola peristiwanya, sehingga mencapai korelasi tertentu.
ADVERTISEMENT

5. Memberikan Pemahaman Terhadap Kejadian Bersejarah

Konsep kronologis sebagai alat bantu ilmu sejarah berperan penting dalam memberikan pemahaman terhadap khalayak umum mengenai kejadian bersejarah di masa lalu. Hal itu karena hubungan sebab-akibatnya akan lebih tampak jelas.
Demikian informasi penting berkaitan dengan tujuan adanya konsep kronologis dalam ilmu sejarah. [ENF]