6 Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia yang Menakjubkan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Kerajaan terbesar dalam sejarah dunia mampu memberi pengaruh luas.
Dikutip dari buku Sejarah Terlengkap Peradaban Dunia oleh Rizem Aizid, peradaban Romawi Kuno menjadi salah satu kerajaan terbesar pada masa dunia kuno. Peradaban tersebut mampu bertahan hingga 12 abad hingga berhasil mendominasi Eropa Barat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya peradaban Romawi Kuno, ada berbagai kerajaan dalam sejarah yang dinobatkan sebagai kerajaan terbsesar. Apa saja?

Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia yang Menakjubkan

Ilustrasi Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai kerajaan terbesar dalam sejarah dunia:

1. Kerajaan Rusia

Kerajaan Rusia berhasil mempunyai wilayah hingga 8,9 juta mil persegi saat meraih kejayaan pada 1895. Kekuatan kerajaan ini berperan penting pada integral untuk menghentikan penaklukan Eropa yang dilakukan Napoleon.
Hingga pada 1913, Kerajaan Rusia mempunyai 176,4 juta penduduk, yaitu lebih dari 9 persen populasi dunia.

2. Dinasti Qing

Dinasti Qing menjadi dinasti terakhir di Tiongkok dengan wilayah kekuasaannya mencakup 10 persen daratan bumi. Dinasti ini berdiri setelah mengalahkan Mongol serta memerintah China sampai abad 20.

3. Kerajaan Mongol

Kerajaan Mongol bermula dari suku-suku nomaden Asia Tengah yang berkumpul. Kekuasaan kerajaan ini berhasil menguasai dari Asia Tengah sampai Eropa Tengah serta Laut Jepang.
ADVERTISEMENT
Kerajaan Mongol yang didirikan pada 1206 Masehi oleh Genghis Khan mampu bertahan dalam waktu lama, yaitu sejak abad 13 sampai 14 Masehi.

4. Kerajaan Inggris

Kerajaan terbesar dalam sejarah dunia berikutnya adalah Kerajaan Inggris. Kerajaan ini berhasil menguasai seperempat bumi pada awal abad 20. Bahkan, kerajaan ini mempunyai 458 juta penduduk.
Namun Kerajaan Inggris harus runtuh akibat tidak mampu menanggung beban keuangan dari Perang Dunia I. Tak hanya itu, pendudukan Jepang di Inggris saat Perang Dunia II juga menambah kehancuran.

5. Imperium Spanyol

Bermula dari masa Columbus, Imperium Spanyol bertahan hingga akhir abad 20. Pengaruhnya bagi dunia dapat dirasakan hingga kini, salah satunya yaitu penggunaan bahasa Spanyol yang paling banyak kedua digunakan dunia.
Imperium Spanyol mempunyai wilayah kekuasaan mencapai 7,72 juta mil persegi, dengan kata lain yaitu 13% daratan bumi. Tak hanya itu, imperium ini juga mempunyai 12% dari populasi manusia di dunia.
ADVERTISEMENT

6. Kekhalifahan Bani Umayah

Dinasti Umayyah atau Kekhalifahan Bani Umayyah menjadi salah satu kerajaan paling besar yang pernah ada. Dinasti satu ini didirikan pada 632 Masehi, yaiu setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.
Luas wilayah kekuasaan Dinasti Umayyah mencapai 4 juta mil persegi yang menjadikannya sebagai salah satu kerajaan paling besar.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai kerajaan terbesar dalam sejarah dunia. (LAU)