Konten dari Pengguna

6 Peran Soekarno dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada Masa Lalu

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
2 Juni 2024 22:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Peran Soekarno dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Bisma Mahendra
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Peran Soekarno dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Bisma Mahendra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Soekarno merupakan salah satu tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Peran Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa lalu ada banyak.
ADVERTISEMENT
Salah satu peran Soekarno adalah aktif dalam merumuskan dasar negara pada sidang BPUPKI. Selain itu, Soekarno juga menyusun teks proklamasi pada momen Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

6 Peran Soekarno dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi Peran Soekarno dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Afif Ramdhasuma
Warga negara Indonesia tentu sudah mengetahui fakta bahwa Ir. Soekarno adalah presiden pertama negeri ini. Selain menjadi Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno juga memiliki banyak kontribusi pada masa perjuangan kemerdekaan.
Berikut adalah enam contoh peran Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa lalu:

1. Aktif dalam PNI

Ir. Soekarno merupakan salah satu tokoh bangsa yang aktif dalam PNI (Partai Nasional Indonesia). Partai tersebut dibentuk di Bandung pada 4 Juli 1927 dengan tujuan bekerja untuk kemerdekaan Indonesia.

2. Aktif dalam Empat Serangkai

Soekarno juga aktif dalam Empat Serangkai bersama Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K. H. Mas Mansyur. Empat Serangkai adalah kelompok nasionalis yang melakukan perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
ADVERTISEMENT

3. Aktif dalam BPUPKI

Soekarno yang merupakan Presiden Indonesia pertama itu juga aktif dalam BPUPKI. BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yakni badan yang dibentuk pada masa Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Pada badan tersebut, Soekarno aktif menyumbangkan ide tentang dasar negara. Mengutip dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IX, Tim Ganesha Operation (2020: 94), dasar negara yang diusulkan oleh Soekarno, yaitu:

4. Aktif dalam PPKI

Selain aktif di BPUPKI, Soekarno juga aktif dalam PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pada organisasi tersebut, Soekarno menjabat sebagai ketua bersama Mohammad Hatta sebagai wakilnya.

5. Aktif dalam Penyusunan Teks Proklamasi

Soekarno juga turut aktif dalam penyusunan teks proklamasi. Mengutip dari buku Soekarno Sang Proklamator, Hendarsah (2010: 19), pada 16 Agustus 1945 di rumah Laksamana Maeda, Soekarno menyusun teks proklamasi bersama Moh. Hatta dan Achmad Soebardjo.
ADVERTISEMENT

6. Menjadi Proklamator Indonesia

Selain menjadi penyusun teks proklamasi, Soekarno juga menjadi proklamator Indonesia. Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Setelah menyimak pemaparan di atas, jelas bahwa peran Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sangat banyak. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak tokoh di masa lalu mempercayai sosok Soekarno. (AA)