6 Pertanyaan Umum tentang Dunia yang Bikin Penasaran Beserta Jawabannya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
29 Maret 2023 14:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi dunia (Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dunia (Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perkembangan dunia mampu menghasilkan berbagai pertanyaan umum tentang seluk beluk dunia dan kerap membuat penasaran banyak orang.
ADVERTISEMENT
Richard Haass dalam bukunya The World: A Brief Introduction, menjelaskan dunia dapat diartikan sebagai planet tempat kita hidup dan semua isinya seperti benda, tumbuhan, hewan, manusia, serta lain sebagainya.
Secara lebih luas, dunia juga mencakup sistem sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang terbentuk di dalamnya.

Berbagai Pertanyaan Umum tentang Dunia

Ilustrasi Dunia (Pixabay)
Dunia kita ini penuh dengan misteri dan pertanyaan yang belum terjawab. Beberapa diantaranya adalah pertanyaan umum yang selalu membuat kita penasaran dan ingin mencari jawabannya.
Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas 6 pertanyaan umum tentang dunia yang mungkin selama ini bikin kamu penasaran, beserta jawabannya. Yuk simak!

1. Mengapa bumi bulat?

Pertanyaan ini mungkin selalu ada di benak kita. Nah, bumi sebenarnya tidak sepenuhnya bulat, melainkan sedikit membulat di bagian khatulistiwa dan sedikit cekung di kutub utara dan selatan.
ADVERTISEMENT
Penemuan ini pertama kali dibuat oleh seorang ahli matematika Yunani bernama Eratosthenes pada abad ke-3 SM.
Ia menggunakan perbedaan bayangan pada siang hari di dua kota yang berbeda untuk menghitung keliling bumi dan menemukan bahwa bumi berbentuk bulat.

2. Apa penyebab perubahan iklim?

Perubahan iklim selalu menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Penyebab utamanya adalah aktivitas manusia seperti pembakaran fosil, penggundulan hutan, dan polusi udara.
Gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas manusia menghasilkan efek pemanasan global, yang menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di seluruh dunia.

3. Apa penyebab tsunami?

Tsunami terjadi karena gempa bumi, letusan gunung berapi, longsor, atau meteor jatuh ke laut. Saat peristiwa tersebut terjadi, energi besar dilepaskan dan menyebabkan gelombang besar yang bergerak dengan kecepatan tinggi dan kekuatan besar di atas laut.
ADVERTISEMENT

4. Bagaimana cara komet terbentuk?

Komet terbentuk di awan Oort dan sabuk Kuiper di luar tata surya. Ketika objek tersebut bergerak ke dalam tata surya, panas matahari memanaskan es dan debu yang membentuk komet.
Komet kemudian melewati tata surya dan menjadi tampak jelas ketika memancarkan gas dan debu saat mendekati matahari.

5. Berapa banyak galaksi di alam semesta?

Alam semesta diketahui terdiri dari miliaran galaksi. Namun, perkiraan terbaru menunjukkan bahwa jumlah galaksi di alam semesta bisa mencapai triliunan, yang membuatnya sangat sulit untuk dihitung secara pasti.

6. Apa yang terjadi setelah kiamat?

Kiamat adalah kejadian besar yang diyakini akan terjadi di masa depan dan dapat menghancurkan seluruh kehidupan di bumi. Setelah kiamat, diyakini akan ada masa transisi di mana dunia akan dihakimi oleh Tuhan.
Menurut kepercayaan beragama, setelah masa transisi berakhir, umat manusia yang beriman akan mendapat kebahagiaan abadi di surga, sementara orang yang tidak beriman akan ditindaklanjuti sesuai perbuatannya.
ADVERTISEMENT
Itulah 6 pertanyaan umum tentang dunia yang bikin penasaran beserta jawabannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai berbagai hal tentang dunia.
(AZS)