7 Contoh Budaya yang Berbentuk Artefak, Apa Saja?

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Budaya yang Berbentuk Artefak. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Budaya yang Berbentuk Artefak. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Contoh budaya yang berbentuk artefak menjadi peninggalan sejarah yang penuh arti.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Geofisika Arkeologi oleh Muhammad Isa, artefak merupakan benda yang dibuat oleh manusia di masa lampau yang bisa dipindahkan. Artefak memiliki ukuran berbeda-beda, bisa sangat kecil atau besar.
Lantas, apa saja contoh budaya yang berbentuk artefak?

Contoh Budaya yang Berbentuk Artefak

Ilustrasi Contoh Budaya yang Berbentuk Artefak. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai contoh budaya yang berbentuk artefak:

1. Keris

Salah satu budaya Indonesia dengan bentuk artefak adalah keris. Keris merupakan pisau tradisional yang memiliki mata melengkung. Benda satu ini menjadi simbol kehormatan serta keberanian dengan kekuatan magis di dalamnya.

2. Prasasti

Contoh budaya yang berbentuk artefak berikutnya adalah prasasti yang terdapat pada lempengan tembaga atau tambra prasasti. Jenis prasasti tersebut banyak ditemukan di Indonesia.

3. Anak Panah

Anak panah merupakan salah satu jenis artefak dengan bahan pembuat berupa batuan gamping. Jenis budaya satu ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai gua di Tuban atau Gua Lawa Sampung.
ADVERTISEMENT

4. Candi

Contoh budaya yang berbentuk artefak berikutnya adalah candi. Bangunan satu ini menjadi tempat penyimpanan barang berharga para raja Hindu dan Buddha pada masanya sebagai simbol penghormatan.

5. Wayang Kulit

Contoh budaya yang berbentuk artefak berikutnya adalah wayang kulit. Budaya satu ini menjadi seni di beberapa wilayah Indonesia, terutama Bali dan Jawa. Dalam pertunjukannya, banyak mengisahkan tentang Mahabharata maupun Ramayana.

6. Benteng

Contoh budaya yang berbentuk artefak berikutnya adalah benteng. Benteng didirikan oleh Belanda dengan tujuan sebagai pelindung dari serangan musuh. Adapun contoh dari benteng adalah Benteng Marlborough, Fort Rotterdam, sampai Fort de Kock.

7. Kapak Genggam

Pada masa prasejarah, kapak genggam menjadi senjata yang digunakan untuk mencari bahan makanan maupun berburu hewan. Artefak satu ini banyak ditemukan di wilayah Lampung, Bali, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

8. Kotak Cerutu

Contoh budaya yang berbentuk artefak berikutnya yaitu sebuah kotak cerutu di dalam Piramida Besar Mesir. Benda berumur 5000 tahun ini ditemukan oleh Insinyur Waynman Dixon pada 1872.
Nah, itu dia sekilas pembahasan mengenai contoh budaya yang berbentuk artefak. (LAU)