Apa Itu Oportunis? Ini Pengertian beserta Tanda-tandanya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
30 September 2023 18:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi oportunis. Sumber: fauxels/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi oportunis. Sumber: fauxels/pexels.com
ADVERTISEMENT
Oportunis adalah sikap yang membuat pelakunya mengabaikan prinsip hidup demi mengambil suatu kesempatan. Biasanya, orang oportunis akan mengambil keuntungan bagi diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Susilawati dalam Jurnal Akuntansi Aktual menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki sifat oportunis suka memanfaatkan orang lain sehingga perlu dihindari.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu oportunis, baca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Oportunis?

Ilustrasi oportunis. Sumber: Ketut Subiyanto/pexels.com
Oportunis adalah seseorang yang suka mengambil peluang demi kebaikan diri sendiri dan mengabaikan prinsip hidupnya.
Orang-orang oportunis cenderung enggan menolong secara cuma-cuma karena dirinya ingin memperoleh keuntungan sehingga cenderung bersikap egois.
Misalnya, ketika terjadi suatu bencana alam, orang-orang umumnya akan memberikan bantuan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang oportunis, dirinya dengan segan menyewakan rumah dan menjual makanan dengan harga mahal.

Tanda-Tanda Orang Oportunis

Oportunis adalah seseorang yang pandai mengambil peluang dan menghiraukan kepentingan orang lain. Berikut ini adalah beberapa tanda orang oportunis yang perlu dihindari.
ADVERTISEMENT

1. Suka Mengulik Informasi

Salah satu tanda-tanda oportunis adalah suka mengulik informasi demi menemukan peluang. Bahkan, dirinya tidak peduli apabila hal yang dicari tahu adalah privasi orang lain.
Baginya, mencari celah untuk mendapatkan peluang adalah hal penting. Itulah mengapa, sebaiknya berhati-hati saat ada di dekat orang oportunis.

2. Hanya Ingin Berteman dengan Orang yang Memberinya Keuntungan

Tanda-tanda orang oportunis berikutnya adalah hanya ingin berteman dengan orang yang memberinya keuntungan. Pada dasarnya, memilih teman yang baik dan buruk adalah hal wajar agar tidak merugikan diri sendiri.
Namun, bagi orang oportunis, dirinya cenderung memilih untuk mencari teman yang mampu memberikan banyak keuntungan bagi dirinya.

3. Kreatif

Ciri-ciri oportunis selanjutnya adalah dirinya tergolong kreatif dalam memandang dunia. Hal ini membuatnya mudah mencari kesempatan di tengah situasi tak terprediksi.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut tentu membutuhkan pemikiran kreatif. Namun sayangnya, dirinya menggunakan akal kreatifnya untuk hal yang kurang tepat.

4. Tega Mencari Kesempatan dalam Kesempitan

Ciri-ciri oportunis berikutnya adalah seseorang tega mencari kesempatan dalam kesempitan. Dirinya tidak mempedulikan jika orang lain tengah terkena musibah.
Di sisi lain, dirinya justru mengambil kesempatan dari situasi itu. Hal ini menunjukkan bahwa empatinya tergolong rendah sehingga enggan menolong orang lain.
Demikian penjelasan mengenai apa itu oportunis dan ciri-cirinya. [ENF]