Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 21:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah. Sumber: Unsplash.com/Trnava University
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah. Sumber: Unsplash.com/Trnava University
ADVERTISEMENT
Apa yang dimaksud peninggalan sejarah? Kalimat sejenis itu umumnya muncul dalam pembahasan seputar sejarah, khususnya bukti atau peninggalan sejarah.
ADVERTISEMENT
Secara umum, maksud dari peninggalan sejarah adalah segala macam aspek dalam masa lampau yang mempunyai nilai sejarah. Aspek tersebut dapat berupa tradisi, benda, tulisan, bangunan, atau fosil.

Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah?

Ilustrasi Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah. Sumber: Unsplash.com/Nejc Soklič
Apa yang dimaksud peninggalan sejarah? Mengutip dari buku Rangkuman Intisari Semua Mata Pelajaran Kelas 4 SD/MI, Wagiman (2014: 153), peninggalan sejarah adalah warisan masa lampau yang memiliki nilai sejarah.
Peninggalan sejarah meliputi berbagai macam bentuk. Beberapa di antaranya adalah fosil, peralatan hidup di masa lampau, prasasti, bangunan, dan buku (kitab).
Setiap negara, bahkan setiap wilayah di bumi umumnya mempunyai peninggalan sejarah. Contoh peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, yaitu:
ADVERTISEMENT
Keberadaan peninggalan sejarah seharusnya terus dijaga dan dilestarikan oleh manusia dari masa ke masa. Peninggalan sejarah perlu dijaga dan dilestarikan karena mempunyai banyak kegunaan, antara lain:

Cara Melestarikan Peninggalan Sejarah

Ilustrasi Apa yang Dimaksud Peninggalan Sejarah. Sumber: Unsplash.com/Joshua Michaels
Setelah mengetahui maksud dari peninggalan sejarah, sekarang adalah saat untuk mengetahui cara melestarikannya. Mengutip dari buku IPS 4 untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 4, Bambang (2010: 64) menjelaskan beberapa cara melestarikan peninggalan sejarah, yaitu:
Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa cara umum upaya melestarikan peninggalan sejarah memiliki kaitan dengan kegiatan pemeliharaan dan kepatuhan terhadap aturan. Tujuannya agar peninggalan sejarah tetap baik dan terjaga.
ADVERTISEMENT
Lantas apa yang dimaksud peninggalan sejarah? Peninggalan sejarah adalah warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah. (AA)