Apakah Nyi Blorong Anak dari Nyi Roro Kidul? Ini Jawabannya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Blorong Anak dari Nyi Roro Kidul? Sumber: Octavio Scholz/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Blorong Anak dari Nyi Roro Kidul? Sumber: Octavio Scholz/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Legenda Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul menjadi cerita turun-temurun yang masih terus lestari hingga sekarang. Keduanya mempunyai kaitan erat satu sama lain, bahkan sampai muncul pertanyaan, apakah Nyi Blorong anak dari Nyi Roro Kidul?
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian di bawah ini!

Apakah Nyi Blorong Anak dari Nyi Roro Kidul?

Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Blorong Anak dari Nyi Roro Kidul? Sumber: Chen Te/Pexels.com
M. Alfan Alfian M. dalam buku berjudul Menjadi Pemimpin Politik: Perbincangan Kepemimpinan dan Kekuasaan menjelaskan bahwa mitos Nyi Roro Kidul bagi masyarakat Jawa erat kaitannya dengan Nyi Blorong.
Sosok Nyi Blorong digambarkan sebagai perempuan yang sangat cantik, tapi bagian bawah tubuhnya naga atau ular.
Kemampuan Nyi Blorong yang terkenal adalah bisa mengendalikan hujan. Bahkan dalam beberapa kisah, Nyi Blorong bisa mendatangkan dan menghentikan hujan dengan mudah.
Nyi Blorong dalam beberapa kepercayaan disebut sebagai anak dari Nyi Roro Kidul. Nyi Blorong mengemban tugas merekrut manusia sebagai budak sekaligus prajurit Kerajaan Laut Selatan.
ADVERTISEMENT
Dalam kisah yang lain, Nyi Blorong merupakan manifestasi dari Nyi Roro Kidul itu sendiri. Kemudian ada juga yang percaya bahwa Nyi Blorong dahulunya merupakan manusia yang bernama asli Nyimas Dewi Anggatri.
Ia adalah putri sulung Nyimas Dewi Rangkita, yaitu cucu dari Raja Caringin Kurung XI atau Prabu Jaya Cakra. Nyimas Dewi Anggatri tumbuh menjadi perempuan sangat cantik namun angkuh dan jahat.
Akhirnya ia diusir dari keraton dan mengasingkan diri ke dalam hutan. Selama perjalanan ia tersesat dan masuk ke salah satu gerbang gaib.
Akibat melanggar dan memasuki gerbang gaib itu, ia ditangkap oleh makhluk gaib dan harus berhadapan dengan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul tidak langsung menghukumnya, namun menyuruh Nyimas Dewi Anggatri untuk menceritakan seluruh kronologi yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Mendengar kisah Nyimas Dewi Anggatri, Nyi Roro Kidul merasa iba dan akhirnya menerimanya di Laut Selatan. Nyi Roro Kidul lantas mengganti nama Nyimas Dewi Anggatri dengan Nyi Blorong.
Penguasa Laut Selatan tersebut memberikan kesaktian yang membuat wujud Nyimas Dewi Anggatri berubah menjadi separo ular.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa banyak versi yang menyatakan tentang asal-usul Nyi Blorong. Ada sebagian yang percaya Nyi Blorong anak dari Nyi Roro Kidul dan ada yang menyatakan tidak percaya, karena mempunyai kisah versi mereka sendiri.
Itulah penjelasan tentang Nyi Blorong yang disebut-sebut anak Nyi Roro Kidul. Semoga bermanfaat! (eK)