Apakah Nyi Roro Kidul Nyata? Ini Penjelasannya dari Segi Agama

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Roro Kidul Nyata? Sumber: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Roro Kidul Nyata? Sumber: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan kisah Nyi Roro Kidul. Menanggapi kisah Nyi Roro Kidul ada dua pendapat yang menyatakan percaya dan tidak percaya akan kisah tersebut. Tapi sebenarnya apakah Nyi Roro Kidul nyata?
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui jawabannya, inilah penjelasan kisah Nyi Roro Kidul dari segi agama Islam yang menarik. Selengkapnya, simak di sini!

Kisah Nyi Roro Kidul dari Segi Agama Islam

Foto Hanya Sekedar Ilustrasi: Apakah Nyi Roro Kidul Nyata? Sumber: Pixabay.com
Bambang Joko Susilo dan Syerif Nurhakim alam buku berjudul Dongeng Nusantara: Jaka Tarub, Nyi Roro Kidul, Klenting Kuning menjelaskan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan sosok entitas tidak kasat mata yang menjadi penguasa laut Selatan Jawa.
Banyak orang penasaran tentang keberadaan Nyi Roro Kidul tersebut. Adapun dari segi agama berdasarkan penjelasan Ulama Buya Yahya, kisah tentang Nyi Roro Kidul berkaitan dengan keimanan dan keyakinan seseorang bukan dari kebenaran yang faktual.
Buya Yahya menjelaskan bahwa dalam Islam ada keyakinan terhadap keberadaan jin dan malaikat yang telah jelas tercantum dalam Al-Qur'an dan hadis. Tetapi yang penting untuk diketahui adalah Nyi Roro Kidul bukanlah bagian dari keyakinan dalam Islam.
ADVERTISEMENT
Jadi, menurut penjelasan tersebut Nyi Roro Kidul tidak ada. Hal ini berbeda dengan jin yang keberadaannya jelas disebutkan dalam Al Qur’an dan Hadis.
Dari segi agama Islam ajaran yang diambil adalah dari Al-Quran dan Hadist, sehingga ajaran di luar sumber tersebut tidak bisa diakui kebenarannya.
Adapun dari konteks keyakinan agama Islam dengan agama yang lainnya, Buya Yahya menjelaskan bahwa setiap agama mempunyai kepercayaan masing-masing.
Jadi, entitas Nyi Roro Kidul yang dalam Islam dianggap sebagai suatu yang tidak nyata, hal ini berdasarkan dari kepercayaan umat Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadist.

Penelitian LIPI tentang Kisah Nyi Roro Kidul

Kisah Nyi Roro Kidul yang melegenda menjadi salah satu dasar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian dengan tujuan mengungkapkan kisah Nyi Roro Kidul.
ADVERTISEMENT
Pada penelitian tersebut peneliti paleotsunami Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto memadukan catatan geologi bersama karya sastra Jawa zaman dahulu.
Ia menemukan catatan tentang peristiwa tsunami purba di masa silam. Dengan demikian, ia menyimpulkan bahwa munculnya mitos tentang Ratu Kidul berhubungan erat dengan peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi 400 tahun yang lalu.
Demikianlah penjelasan tentang nyata tidaknya kisah Nyi Roro Kidul yang melegenda hingga sekarang. Semoga membantu! (eK)