Konten dari Pengguna

Asal-usul Nama Rote, Salah Satu Nama Kepulauan di Indonesia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
11 Juli 2024 23:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Asal-usul Nama Rote. Sumber: Unsplash.com/Ryan Farid
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Asal-usul Nama Rote. Sumber: Unsplash.com/Ryan Farid
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rote merupakan salah satu nama kepulauan yang ada di Indonesia. Asal-usul nama Rote memiliki kisah yang menarik karena menceritakan tentang pertemuan nelayan dengan bangsa Portugis.
ADVERTISEMENT
Pulau yang masuk ke zona waktu WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah) tersebut memiliki banyak destinasi wisata pantai. Beberapa di antaranya adalah Pantai Telaga Warna, Pantai Bo’a, dan Pantai Tolanamon.

Asal-usul Nama Rote, Salah Satu Pulau Indonesia

Ilustrasi Asal-usul Nama Rote. Sumber: Unsplash.com/Sneha Chandrashekar
Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari banyak pulau. Salah satu nama pulau yang ada di Indonesia adalah Pulau Rote.
Asal-usul nama Rote memiliki kisah yang menarik. Kisah tersebut terjadi jauh sebelum Indonesia mencapai kemerdekaan, berikut ringkasan ceritanya:

Semula Ditulis Rottij

Sebelum Indonesia merdeka, negeri ini dikenal dengan nama Hindia Belanda. Menurut arsip Hindia Belanda, pulau yang masuk ke zona waktu WITA tersebut ditulis dengan nama Rottij atau Rotti.
Penulisan tersebut kemudian berkembang menjadi nama Roti. Selain arsip Hindia Belanda, masyarakat Rote juga memiliki nama khusus bagi pulau indah tersebut, yakni Lote.
ADVERTISEMENT
Beberapa masyarakat yang tidak dapat menyebut “Rote” menyebut pulau tersebut dengan nama Lote. Adapun masyarakat lainnya menyebut Pulau Rote dengan nama Lolo Deo Do Tenu Hatu yang artinya adalah pulau yang gelap.

Datangnya Bangsa Portugis

Portugis merupakan salah satu bangsa yang pernah datang ke Indonesia. Kala itu, kapal Portugis mendarat di Pulau Rote.
Seorang Portugis kemudian bertemu dengan nelayan dan menanyakan bentuk pulau tersebut. Namun, nelayan salah sangka karena menganggap orang Portugis menanyakan nama pulau sehingga menjawab “Rote”.
Orang portugis kemudian menganggap bahwa pulau tersebut berbentuk roti sehingga bernama Rote. Oleh karena itu, pulau di bagian selatan Indonesia tersebut terkenal sebagai Pulau Rote.

Destinasi Wisata Pantai di Pulau Rote

Ilustrasi Asal-usul Nama Rote. Sumber: Unsplash.com/Amar Baco
Rote merupakan pulau paling selatan di wilayah Indonesia. Mengutip dari buku Exotic NTT – Seri Backpacking & Travelling karya Gagas Ulung (2013: 78), Pulau Rote terletak di antara Pulau Timor dan Pulau Sumba.
ADVERTISEMENT
Pulau tersebut memiliki banyak destinasi wisata pantai. Berikut tiga contoh pantai indah di Pulau Rote yang kerap menjadi tujuan berlibur bagi wisatawan:

1. Pantai Tolanamon

Pantai Tolonamon terletak di Desa Inaoe, Rote Selatan. Pantai tersebut memiliki pemandangan indah dengan laut yang bersih, tebing, serta pohon-pohon di sekelilingnya.

2. Pantai Bo’a

Pantai Bo’a terletak di Desa Bo’a, Rote Barat. Pantai tersebut memiliki ombak besar sehingga kerap menjadi lokasi untuk melakukan surfing.

3. Pantai Telaga Warna

Pantai Telaga Warna terletak di Pulau Rote. Pantai tersebut memiliki pemandangan indah dengan perpaduan pohon mangrove serta batu cadas.
Berdasarkan pemaparan ringkas di atas, diketahui bahwa asal-usul nama rote memiliki kisah yang menarik. Selain asal-usul yang menarik, pulau di antara Pulau Timor dan Pulau Sumba tersebut juga memiliki banyak pantai indah. (AA)
ADVERTISEMENT