Bagaimana Peran Indonesia dalam Pertukaran Budaya ASEAN? Ini Jawabannya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 21:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Peran Indonesia dalam Pertukaran Budaya ASEAN. Sumber: Unsplash.com/Peter George
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Peran Indonesia dalam Pertukaran Budaya ASEAN. Sumber: Unsplash.com/Peter George
ADVERTISEMENT
Indonesia sebagai salah satu negara pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) memiliki peran aktif dalam berbagai kegiatan organisasi tersebut. Salah satunya dalan kegiatan kebudayaan. Lalu, bagaimana peran Indonesia dalam pertukaran budaya ASEAN?
ADVERTISEMENT
Contoh peran Indonesia dalam pertukaran budaya ASEAN adalah Negeri Zamrud Khatulistiwa itu terlibat dalam ASEAN Cultural Heritage (ACHDA). Selain itu, Indonesia juga aktif menjalin kerja sama di sektor budaya.

Bagaimana Peran Indonesia dalam Pertukaran Budaya ASEAN?

Ilustrasi Bagaimana Peran Indonesia dalam Pertukaran Budaya ASEAN. Sumber: Unsplash.com/Lighten Up
Bagaimana peran Indonesia dalam pertukaran budaya ASEAN? Indonesia termasuk negara di kawasan Asia Tenggara yang mempunyai peran aktif dalam pertukaran budaya.
Mengutip dari buku Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik Kelas 6 SD, Yeni (2022: 306), dua contoh peran Indonesia di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN, yaitu:
Salah satu bukti keaktifan Indonesia adalah ikut serta dalam ASEAN Cultural Heritage (ACHDA). Mengutip dari laman Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia, setnasasean.id, Indonesia menyumbangkan item berupa artefak dan sejarah pada ACHDA.
ADVERTISEMENT
Selain terlibat dalam ACHDA, Indonesia pun terlibat dalam festival film. Bahkan, Indonesia juga sempat mengirim kelompok tari serta musik tradisional guna memeriahkan ajang kebudayaan di wilayah negara anggota ASEAN.

Posisi serta Peran Indonesia dalam Bidang Sosial

bagaimana peran indonesia dalam pertukaran budaya asean Anggit Rizkianto
Indonesia sebagai anggota sekaligus salah satu pendiri ASEAN mempunyai banyak peran selain di bidang budaya. Indonesia juga aktif dalam bidang sosial.
Mengutip dari buku yang sama, berikut adalah posisi serta peran Indonesia di bidang sosial dalam lingkup ASEAN:
ADVERTISEMENT
Jadi, apa jawaban dari bagaimana peran Indonesia dalam pertukaran budaya ASEAN? Jawabannya adalah negara Indonesia melakukan peran aktif yang terbukti melalui keterlibatannya dalam banyak momen kebudayaan ASEAN. (AA)