Batas-Batas Vietnam yang Penting Diketahui

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
25 Juli 2023 23:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi batas-batas Vietnam (Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi batas-batas Vietnam (Pexels)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Vietnam adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan dikenal karena alamnya yang indah, sejarah yang kaya, dan budaya yang menarik. Batas-batas Vietnam yang berdekatan dengan negara dan perairan tetangga menjadi hal yang menarik untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa saja batas-batas negara Vietnam? Simak artikel ini.

Mengenal Batas-Batas Vietnam

Ilustrasi batas-batas Vietnam (Pexels)
Dikutip dari situs kemlu.go.id, Vietnam adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara dengan ibu kota Hanoi. Negara ini merayakan hari kemerdekaannya tanggal 2 September di setiap tahunnya.
Berdasarkan data populasi tahun 2016, Vietnam memiliki sekitar 92,7 juta jiwa. Selain itu, Vietnam memiliki luas wilayah sekitar 331.230,8 km persegi.
Bahasa resmi yang digunakan di Vietnam adalah bahasa Vietnam. Adapun mata uang yang berlaku di negara ini adalah Dong (VND).
Berikut ini akan dibahas batas-batas penting Vietnam yang perlu diketahui.

1. Batas Utara

Batas utara Vietnam, yaitu berbatasan langsung dengan Tiongkok. Perbatasan ini membentang sepanjang lebih dari 1.000 kilometer dan dijaga oleh pegunungan dan sungai-sungai yang alami.
ADVERTISEMENT
Salah satu bagian terkenal dari perbatasan ini adalah Lembah Sungai Merah yang merupakan daerah bersejarah dengan banyak situs budaya dan arkeologi yang menarik.

2. Batas Timur

Batas timur Vietnam merupakan garis pantai yang membentang di sepanjang Laut China Selatan. Vietnam memiliki pantai yang indah dan merupakan negara maritim yang penting.
Selain itu, Vietnam juga berbatasan dengan Pulau Hainan, salah satu pulau terbesar di Tiongkok.

3. Batas Selatan

Batas selatan Vietnam berada di sepanjang Laut China Selatan dan perbatasan laut ini berdekatan dengan Malaysia. Laut China Selatan adalah jalur perdagangan utama dan memiliki sumber daya alam yang penting bagi banyak negara di wilayah tersebut.

4. Batas Barat

Di sisi barat, Vietnam berbatasan dengan dua negara tetangga lainnya, yaitu Laos dan Kamboja. Perbatasan ini juga memiliki bagian yang berada di dataran tinggi dan pegunungan yang indah.
ADVERTISEMENT
Pada daerah perbatasan ini, ada saling pengaruh budaya dan perdagangan yang kuat antara Vietnam, Laos, dan Kamboja.
Batas-batas Vietnam memainkan peran penting dalam menentukan wilayah dan hubungan dengan negara-negara tetangga. Batas-batas ini juga mencerminkan warisan sejarah dan budaya yang beragam di wilayah tersebut.