Benarkah Sushi Berasal dari Negara Jepang? Ini Faktanya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
20 Mei 2024 20:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sushi Berasal dari Negara. Sumber: Pexels.com/Rajesh TP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sushi Berasal dari Negara. Sumber: Pexels.com/Rajesh TP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak orang mengetahui bahwa sushi berasal dari negara Jepang. Hal itu tidak salah, tetapi ada pendapat lain yang memberi penjelasan berbeda tentang asal-usul dari makanan olahan nasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Pendapat tersebut menjelaskan bahwa sushi berasal dari wilayah Asia Tenggara, tepatnya sekitar Sungai Mekong. Oleh karena itu, tidak heran jika asal-usul sushi sering kali menjadi pembahasan menarik bagi pencinta kuliner.

Benarkah Sushi Berasal dari Negara Jepang?

Ilustrasi Sushi Berasal dari Negara. Sumber: Pexels.com/Rajesh TP
Sushi merupakan kuliner yang tak asing lagi di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia. Banyak orang menggemari kuliner berbahan olahan nasi dengan campuran lauk tersebut.
Mengutip dari buku Pengantar Bisnis Kuliner kaya Anggraeni dkk. (2023: 92), sushi berasal dari negara Jepang. Kebanyakan orang sudah meyakini hal tersebut, meskipun beberapa masih meragukan pernyataan ini.
Kondisi tersebut lumrah terjadi karena memang ada sejumlah pendapat tentang asal-usul sushi. Guna mengetahuinya secara jelas, berikut adalah penjelasan ringkas mengenai ragam pendapat asal-usul sushi:
ADVERTISEMENT

1. Sushi Berasal dari Jepang

Mengutip dari buku Japan in Popular Culture, Kusuma (2013: 48) menjelaskan bahwa sushi adalah masakan Jepang yang paling terkenal di dunia. Selain itu, ada sekitar 30 ribu restoran sushi di Jepang sehingga memperkuat pendapat bahwa makanan tersebut berasal dari Jepang.

2. Sushi Berasal dari Asia Tenggara

Selain pendapat bahwa sushi berasal dari Jepang, ada pula pendapat yang mengemukakan bahwa sushi berasal dari Asia Tenggara, tepatnya di sekitar Sungai Mekong. Pendapat tersebut memiliki landasan tentang cikal bakal pembuatan sushi.
Pembuatan sushi semula berawal dari metode pengawetan ikan dari Asia Tenggara. Metode pengawetan tersebut bernama narezushi, yakni menaruh ikan di atas nasi asin dan dibungkus dengan daun.
Metode pengawetan dari Asia Tenggara tersebut kemudian menyebar ke Tiongkok serta Jepang. Selanjutnya, metode pengawetan itu mengalami perkembangan hingga menjadi sushi.
ADVERTISEMENT
Jika melihat dua pendapat di atas, jelas bahwa sushi berasal dari negara Jepang. Namun, ide pembuatannya terinspirasi dari metode pengawetan ikan dari Asia Tenggara. (AA)