Bukti Bangsa Indonesia Mendapat Pengaruh Budaya Hindu-Budha

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 21:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha. Sumber: Julia Volk/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha. Sumber: Julia Volk/pexels.com
ADVERTISEMENT
Agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia sekitar tahun 400 Masehi. Masuknya agama tersebut memberikan pengaruh besar terhadap budaya di Indonesia. Salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha adalah bidang seni dengan berdirinya candi-candi peninggalan kerajaan.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga disampaikan oleh Dewi dalam Perancangan Perhiasan Bertema Candi Tikus Peninggalan Kerajaan Majapahit, bahwa candi adalah salah satu peninggalan kerajaan Hindu dan Budha.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai bukti bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha, simak selengkapnya di artikel ini.

Bukti Pengaruh Budaya Hindu-Budha di Indonesia

Ilustrasi bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha. Sumber: Balaji Srinivasan/pexels.com
Masuknya agama Hindu dan Budha memberikan banyak pengaruh bagi bangsa Indonesia, khususnya di bidang budaya. Beberapa kebudayaan tersebut masih dipertahankan hingga kini dan dipelajari oleh masyarakat.
Adapun beberapa bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha di antaranya:

1. Bidang Seni Bangunan

Salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha adalah bidang seni bangunan atau segi arsitektur. Semasa berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia, banyak bangunan-bangunan keagamaan didirikan.
ADVERTISEMENT
Misalnya candi, bangunan tersebut umumnya berfungsi sebagai tempat pemujaan, peribadatan, maupun makam. Selain candi, bidang arsitektur ini juga mengalami perkembangan pesat.
Bahkan, sekalipun peninggalan tersebut telah berupa artefak ataupun tekstual tetap menjadi bukti jika keberadaan agama Hindu dan Budha di Indonesia memberikan pengaruh besar.

2. Bidang Pemerintahan

Bukti pengaruh Hindu dan Budha di Indonesia selanjutnya adalah di bidang pemerintahan. Sebelumnya, masyarakat Indonesia kental dengan sistem suku. Namun, setelah agama Hindu-Budha masuk, Indonesia menggunakan sistem pemerintahan kerajaan.

3. Bidang Sastra

Bentuk pengaruh agama Hindu dan Budha di Indonesia berikutnya adalah di bidang kesusastraan. Semasa perkembangan agama ini, muncul bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa dari India.
Hal itu dibuktikan dengan tulisan-tulisan yang berada di prasasti peninggalan kerajaan. Di sisi lain, masuknya masa Hindu-Budha di Indonesia juga memperoleh pengaruh di bidang sastra, seperti munculnya cerita-cerita.
ADVERTISEMENT
Beberapa cerita yang terkenal berasal dari India adalah Mahabharata serta Ramayana. Cerita tersebut bahkan sering ditampilkan dalam pertunjukan wayang.
Demikian sederet informasi mengenai bukti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat pengaruh budaya Hindu-Budha. [ENF]