Bunga Nasional Negara Indonesia, Ciri-ciri dan Filosofinya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bunga nasional negara Indonesia. Sumber: Sealight/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bunga nasional negara Indonesia. Sumber: Sealight/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam kekayaan flora dan tersebar dari Sabang, hingga Merauke. Hal itu juga membuat negara ini mempunyai bunga nasional tersendiri. Adapun bunga nasional negara Indonesia adalah bunga melati putih, anggrek bulan, serta padma raksasa.
ADVERTISEMENT
Nafisah dan Mayliana dalam Batik Buketan Motif Bunga Nasional Indonesia dan Penerapannya dalam Busana Bernuansa Vintage menyebutkan bahwa setiap bunga nasional tersebut mempunyai makna tersendiri bagi negara Indonesia.
Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bunga nasional negara Indonesia, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Bunga Nasional Negara Indonesia

Ilustrasi bunga nasional negara Indonesia. Sumber: Harvey Tan Villarino/pexels.com
Sebagaimana penjelasan sebelumnya, Indonesia memiliki bunga nasional dengan makna dan filosofi mendalam. Bunga-bunga tersebut dipilih karena memiliki makna tersendiri. Adapun beberapa bunga nasional negara Indonesia adalah:

1. Bunga Melati

Salah satu bunga nasional negara Indonesia adalah bunga melati yang mendapatkan julukan sebagai puspa bangsa. Bunga ini mempunyai ciri-ciri berupa warna putih bersih dan aroma harum. Secara filosofi, bunga melati mempunyai makna berupa kemurnian serta kesucian.
ADVERTISEMENT
Filosofi kesucian tersebut ditunjukkan dengan kelopaknya yang berwarna putih. Hal ini melambangkan keyakinan dari seluruh kelompok di tengah Indonesia yang pluralis. Melati juga kerap digunakan sebagai lambang keanggunan dalam ketulusan serta kesederhanaan. Tak berhenti di situ, puspa bangsa ini juga mempunyai makna kerendahan hati serta keindahan.

2. Anggrek Bulan

Bunga nasional negara Indonesia selanjutnya adalah anggrek bulan yang memiliki julukan puspa pesona. Bunga satu ini mempunyai warna indah, tangkainya berwarna hitam dan kuat, memiliki daun lebar, serta kelopak besar.
Anggrek bulan memang bukan termasuk bunga yang dapat mengeluarkan aroma wangi seperti melati. Akan tetapi, bunga satu ini mampu menarik perhatian orang karena kecantikannya. Hal itulah yang membuat bunga ini memperoleh julukan puspa pesona.
ADVERTISEMENT

3. Padma Raksasa

Bunga nasional negara Indonesia yang terakhir adalah padma raksasa atau Rafflesia Arnoldii dengan julukan puspa langka. Bunga ini termasuk sebagai spesies langka yang tumbuh di kawasan Sumatera. Aromanya dikenal tidak sedap dan mempunyai bentuk khas.
Bahkan, bunga padma raksasa ini dikenal sebagai bunga terbesar di dunia yang mempunyai tinggi 50 cm serta diameter 110 cm. Di Sumatra, terdapat 11 jenis Rafflesia dari 33 spesies yang tersebar di dunia.
Demikian informasi mengenai bunga nasional negara Indonesia. [ENF]