Ciri Khas Batik Banyumas dan Makna Motifnya yang Menarik untuk Diketahui

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 18:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri Khas Batik Banyumas dan Makna Motifnya. Sumber: Unsplash.com/Mahmur Marganti
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri Khas Batik Banyumas dan Makna Motifnya. Sumber: Unsplash.com/Mahmur Marganti
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri khas batik Banyumas dan makna motifnya merupakan pembahasan menarik bagi setiap orang yang menyukai seni atau tradisi bangsa Indonesia. Kondisi itu dapat terjadi karena batik Banyumas ternyata memiliki banyak motif dengan makna tersendiri.
ADVERTISEMENT
Salah satu contoh adalah motif Lumbon atau Lumbu. Motif tersebut menggambarkan bahwa masyarakat Banyumas dapat bergaul dan beradaptasi dengan baik, tanpa membeda-bedakan orang.

Ciri Khas Batik Banyumas dan Makna Motifnya

Ilustrasi Ciri Khas Batik Banyumas dan Makna Motifnya. Sumber: Unsplash.com/Mahmur Marganti
Setiap wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas dan motif batik tersendiri. Salah satu contoh adalah wilayah Banyumas yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.
Berikut adalah penjelasan ringkas mengenai ciri khas batik Banyumas dan makna motifnya yang dapat melengkapi pengetahuan tentang seni atau tradisi bangsa Indonesia.

Ciri Khas Batik Banyumas

Batik Banyumas tidak terlepas dari unsur alam dan lingkungan sekitar, terutama flora dan fauna. Mengutip dari buku Batik Banyumasan, Saraswati dkk. (2021: 18), corak dan motif batik Banyumas tidak lepas dari unsur estetika yang melekat pada pola batik.
ADVERTISEMENT
Ciri khas batik Banyumas terletak pada padu padan warnanya. Warna yang digunakan biasanya mencakup warna cokelat soga dan biru wedelan dengan latar yang berwarna hitam.
Selain padu padan warnanya, batik Banyumas juga memiliki ciri khas pada pola yang tegas dan lugas. Pola tersebut menggambarkan masyarakat Banyumas yang cablaka.

Makna Motif Batik Banyumas

Batik Banyumas mempunyai banyak motif dengan makna yang berbeda. Berikut adalah tiga contoh motif batik Banyumas beserta maknanya:
ADVERTISEMENT
Demikian menjadi jelas bahwa ciri khas batik Banyumas dan makna motifnya sangat menarik untuk diketahui oleh para pencinta seni atau tradisi. Hal itu dapat terjadi karena batik Banyumas memiliki ciri yang unik serta berbagai macam motif. (AA)