Ciri Khas Batik Cirebon dan Makna Motifnya yang Simbolis

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 17:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya. Sumber: Turgay Koca/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya. Sumber: Turgay Koca/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cirebon adalah salah daerah yang mempunyai batik khas. Ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya juga perlu dipahami untuk mengenal kebudayaan lokal lebih mendalam.
ADVERTISEMENT
Kudiya dan Atik, dalam Kekuatan Desain Motif Batik Cirebon sebagai Ruang Identitas Indikasi Geografis Indonesia, menyebutkan bahwa batik Cirebon mempunyai banyak motif, salah satunya adalah mega mendung.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya, simak selengkapnya di artikel berikut.

Ciri Khas Batik Cirebon dan Makna Motifnya

Ilustrasi ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya. Sumber: Turgay Koca/pexels.com
Batik Cirebon mempunyai ciri khas tersendiri yang bisa dilihat dari segi motifnya. Adapun ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya adalah:

1. Batik Geometris

Salah satu ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya bisa dilihat dari jenis batik geometris. Batik ini mempunyai motif liris, kawung, tambal sewu, serta lengko. Makna motif ini adalah agar hidup lebih terarah sebagaimana bentuk motifnya. Untuk membentuk motif ini, umumnya seorang pembatik akan menggunakan penggaris.
ADVERTISEMENT

2. Motif Batik Wadasan

Motif batik berikutnya adalah motif wadasan. Ciri khas motif ini adalah mempunyai ornamen dari keraton Cirebon. Nama motif ini juga kerap disebut dengan motif Naga Saba, Taman Arum, serta Singa Payung.

3. Batik Motif Byur

Ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya selanjutnya adalah batik byur. Ciri khas batik ini adalah mempunyai ornamen daun kecil dan bunga. Maknanya adalah agar pemakainya bisa dikelilingi hal-hal baik, selayaknya bunga yang dikelilingi daun kecil.

4. Batik Motif Mega Mendung

Ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya lainnya ada pada motif mega mendung. Motif ini mempunyai ciri khas berupa bentuk mirip awan yang memiliki warna cerah.
Makna motif mega mendung erat kaitannya dengan sejarah dari batik Cirebon itu sendiri. Adapun motif batik ini terinspirasi dari garis awan yang lonjong, lancip, serta segitiga.
ADVERTISEMENT

5. Batik Motif Paksi Naga Liman

Motif batik yang terakhir adalah batik paksi naga liman. Motif ini mempunyai makna berupa kereta kuda sakti yang berasal dari kereta kencana milik Keraton Cirebon. Ciri khas dari batik ini mempunyai gabungan gambar 3 hewan, yakni ular atau naga, garuda, serta gajah.
Demikian informasi mengenai ciri khas batik Cirebon dan makna motifnya yang perlu diketahui. [ENF]