Daftar Negara Blok Barat dan Blok Timur pada Masa Perang Dingin

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
13 Maret 2024 16:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi daftar negara blok barat dan blok timur. Sumber: Thomas Lin/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daftar negara blok barat dan blok timur. Sumber: Thomas Lin/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perang Dingin adalah perang ideologi antara Blok Barat dan Blok Timur. Kedua blok tersebut membentuk aliansi dengan negara-negara di kawasan Eropa. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui daftar negara Blok Barat dan Blok Timur.
ADVERTISEMENT
Bagaskara dalam artikel Neorealisme: Analisis Hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet Selama Perang Dingin mencetuskan bahwa Blok Barat dipimpin oleh Amerika Serikat, sedangkan Blok Timur dipimpin oleh Uni Soviet.
Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan daftar negara Blok Barat dan Blok Timur, simak selengkapnya di artikel berikut.

Daftar Negara Blok Barat dan Blok Timur

Ilustrasi daftar negara blok barat dan blok timur. Sumber: David Dibert/pexels.com
Blok Barat dan Blok Timur adalah dua blok yang saling berselisih semasa Perang Dingin. Perselisihan kedua blok ini berkaitan dengan ideologi yang mereka pegang, hingga akhirnya membentuk aliansi untuk saling menyebarkan paham masing-masing.
Adapun daftar negara Blok Barat dan Blok Timur adalah:

1. Blok Barat

Blok Barat adalah aliansi negara-negara yang bersekutu dengan Amerika Serikat dan memegang ideologi liberalisme serta kapitalisme. Mayoritas anggota Blok Barat berasal dari Eropa Barat serta Amerika Utara.
ADVERTISEMENT
Pemimpin Blok Barat adalah Amerika Serikat. Sementara daftar anggota Blok Barat, antara lain:
Setelah itu, Blok Barat membentuk NATO dan memiliki banyak anggota tambahan, seperti Yunani, Jerman Barat, Spanyol, hingga Turki.

2. Blok Timur

Blok Timur adalah koalisi negara-negara dengan ideologi komunisme dan sosialisme. Adapun pemimpin Blok Timur adalah Uni Soviet. Negara-negara anggotanya terdiri dari Eropa Timur, Eropa Tengah, Asia Timur, hingga Asia tenggara.
Awal mula pembentukan Blok Timur adalah pengaruh Uni Soviet pasca Perang Dunia II yang disebarkan ke bekas jajahan Nazi Jerman. Adapun daftar negara Blok Timur adalah:
Setelah itu, terdapat sekutu dari Blok Timur yang berasal dari Asia, seperti Korea Utara, Laos, Vietnam, Kamboja, China, Kuba, hingga Mongolia.
ADVERTISEMENT
Demikian sederet informasi mengenai daftar negara Blok Barat dan Blok Timur. [ENF]