Di Mana Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Sang Buddha?

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Perbuatan Sang Buddha terdapat pada . Sumber: Unsplash.com/Elisabeth Morin
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Perbuatan Sang Buddha terdapat pada . Sumber: Unsplash.com/Elisabeth Morin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah mempunyai banyak relief yang menceritakan berbagai macam kisah, misalnya perbuatan Sang Buddha. Relief Candi Borobudur yang berisi kumpulan sajak tentang perbuatan Sang Buddha terdapat pada Lalitavistara.
ADVERTISEMENT
Relief tersebut mempunyai sekitar 120 panel. Selain Lalitavistara, candi peninggalan Buddha di Indonesia itu juga memiliki relief lain, yakni Karmawibhangga tentang kisah petani dan Awadana tentang proses setelah panen.

Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Perbuatan Sang Buddha terdapat pada Lalitavistara

Ilustrasi Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Perbuatan Sang Buddha terdapat pada . Sumber: Unsplash.com/Steffen Bertram
Indonesia pernah mengalami berbagai macam masa peradaban, salah satunya peradaban Buddha. Bukti keberadaan dan kejayaan masa peradaban tersebut adalah eksistensi bangunan peninggalan Buddha di Indonesia.
Salah satu di antaranya adalah Candi Borobudur. Candi di Magelang, Jawa Tengah tersebut mempunyai banyak relief pada dindingnya yang menceritakan tentang berbagai macam kisah, misalnya perbuatan Sang Buddha.
Relief Candi Borobudur yang berisi kumpulan sajak tentang perbuatan Sang Buddha terdapat pada Lalitavistara. Relief Lalitavistara terdiri dari banyak panel, yakni sekitar 120 panel.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Herbal untuk Kalangan Muda, Soegijapranata, (2021: 7), Lalitavistara merupakan relief yang menggambarkan kehidupan Sang Buddha, mulai dari kehidupannya di Tusita surga hingga kebangkitan dan ajarannya yang pertama.
Selain relief Lalitavistara, candi peninggalan Buddha yang berdiri di atas lahan seluas 2.500 m² itu juga memiliki relief lain. Relief tersebut bernama Karmawibhangga dan Awadana.

Relief Karmawibhangga dan Awadana pada Candi Borobudur

Ilustrasi Relief Candi Borobudur yang Berisi Kumpulan Sajak tentang Perbuatan Sang Buddha terdapat pada . Sumber: Unsplash.com/Mario La Pergola
Relief Karmawibhangga dan Awadana pada Candi Borobudur menceritakan kisah yang berbeda dengan Lalitavistara. Perbedaan itu terjadi karena Karmawibhangga dan Awadana pada Candi Borobudur lebih mengisahkan bidang pertanian.
Mengutip dari buku Menulis Desa, Ansori (2022: 70), berikut adalah kisah yang terdapat dalam relief Karmawibhangga dan Awadana:

1. Relief Karmawibhangga

Karmawibhangga menggambarkan tentang cara petani dahulu menghalau tikus dengan pengasapan serta menghalau babi dengan senjata atau anjing. Relief Karmawibhangga juga melukiskan laki-laki dan perempuan yang pergi ke sawah atau ladang bersama.
ADVERTISEMENT

2. Relief Awadana

Awadana menggambarkan seorang laki-laki yang membajak sawah menggunakan dua sapi. Relief tersebut juga menggambarkan proses pascapanen yang kemudian diikat dan dibawa ke lumbung.
Kini, jelas bahwa relief Candi Borobudur yang berisi kumpulan sajak tentang perbuatan Sang Buddha terdapat pada Lalitavistara. Selain Lalitavistara, ada pula relief Karmawibhangga dan Awadana pada Candi Borobudur. (AA)