Hasil Kongres Pertama Tri Koro Dharmo Beserta Fakta yang Perlu Diketahui

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
12 Mei 2024 23:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hasil kongres pertama tri koro dharmo. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hasil kongres pertama tri koro dharmo. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Organisasi pemuda yang dibentuk sebelum Indonesia merdeka salah satunya adalah Tri Koro Dharmo. Tri Koro Dharmo sendiri dibentuk pada 7 Maret 1915 silam. Hasil kongres pertama Tri Koro Dharmo adalah perubahan nama organisasi menjadi Jong Java.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial karya Waluyo, adapun tujuan dibentuknya Tri Koro Dharmo adalah untuk menciptakan suatu tempat untuk diselenggarakannya pelatihan dan pembinaan bagi para pemuda dari Indonesia untuk dapat menimbulkan rasa cinta akan Tanah Air dan kebudayaan dari negara sendiri.
Nama Tri Koro Dharmo sendiri memiliki arti “tiga tujuan mulia”. Tiga tujuan mulia tersebut terdiri atas sakti, budi, serta bakti. Dalam perjalanannya, organisasi Tri Koro Dharmo telah menyelenggarakan kongres sebanyak lima kali selama organisasi kepemudaan ini berdiri.

Hasil Kongres Pertama Tri Koro Dharmo

Ilustrasi hasil kongres pertama tri koro dharmo. Sumber: pixabay
Hasil kongres pertama Tri Koro Dharmo, yaitu perubahan nama organisasi menjadi Jong Java.
Tujuan perubahan nama dari Tri Koro Dharmo menjadi Jong Java tersebut adalah supaya organisasi dapat lebih bisa merangkul para pemuda yang berasal dari berbagai daerah, contohnya dari Sunda, Madura, dan Bali.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui juga, penggunaan kata “Java” merupakan termasuk istilah geografi, bukan sebagai sebuah konsep dari etnis tertentu.

Fakta Kongres Pertama Tri Koro Dharmo

Sekitar tiga tahun setelah dibentuknya organisasi kepemudaan ini, pada 1918, Tri Koro Dharmo menerima suatu permasalahan atau konflik internal akibat ketidaksenangan dan ketidaksetujuan beberapa anggotanya terhadap corak budaya Jawa yang dominan dalam organisasi Tri Koro Dharmo.
Usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan cara damai, yaitu dengan mengganti nama organisasi.
Sayangnya, walaupun organisasi kepemudaan Tri Koro Dharmo berusaha menarik perhatian umum supaya dapat memperkuat persaudaraan di antara semua suku bangsa di wilayah Indonesia, namun dalam praktiknya, kebanyakan anggota dari organisasi Tri Koro Dharmo adalah murid sekolah menengah asal Jawa Tengah hingga Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Para murid yang asalnya dari Sunda dan Pulau Madura pun memiliki pendapat bahwasanya perkumpulan organisasi Tri Koro Dharmo terlalu sempit.
Pada akhirnya, Tri Koro Dharmo pun melaksanakan Kongres Pertama tanggal 12 Juni 1918 di kota Solo, Jawa Tengah yang menghasilkan perubahan nama menjadi Jong Java.
Demikian penjelasan mengenai hasil Kongres Pertama Tri Koro Dharmo beserta fakta yang perlu diketahui. (ARH)