Isi Maklumat 3 November 1945 tentang Pembentukan Partai di Indonesia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
3 Maret 2024 22:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Isi Maklumat 3 November 1945. Sumber: Unsplash.com/Tamas Pap
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Isi Maklumat 3 November 1945. Sumber: Unsplash.com/Tamas Pap
ADVERTISEMENT
Isi Maklumat 3 November 1945 merupakan salah satu pemahaman penting bagi setiap orang yang mempelajari sejarah Indonesia, terutama di bidang politik. Maklumat tersebut membahas tentang pembentukan partai politik di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selaras dengan isi pembahasannya, maklumat tersebut memicu kemunculan sejumlah partai politik di negeri Zamrud Khatulistiwa. Beberapa contoh partai politik yang terbentuk pada masa tersebut adalah Masyumi, PKI, PBI, PRJ, Parkindo, serta Parsi.

Isi Maklumat 3 November 1945 di Indonesia

Ilustrasi Isi Maklumat 3 November 1945. Sumber: Unsplash.com/Aaron Burden
Maklumat 3 November 1945 merupakan hasil dari usulan BP-KNIP kepada pemerintah. BP-KNIP mengusulkan kepada pemerintah untuk memberi kesempatan terhadap rakyat untuk mendirikan partai-partai politik.
Tujuannya adalah agar partai politik itu dapat menjadi sarana penyaluran aspirasi dan paham yang berkembang di masyarakat. Selain itu, ide pembentukan partai politik juga memiliki maksud sebagai persiapan pembentukan Dewan Perwakilan Rakyat.
Mengutip dari buku Sejarah 3, Mustopo, dkk. (2006: 23), pemerintah menyetujui usulan tersebut. Persetujuan tersebut kemudian terealisasi dengan keluarnya Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Sutan Sjahrir, Rusdi (2023: 24), berikut adalah isi Maklumat 3 November 1945 tentang pembentukan partai-partai:

Partai-Partai yang Berdiri setelah Maklumat 3 November 1945

Ilustrasi Isi Maklumat 3 November 1945. Sumber: Unsplash.com/Christian Wiediger
Setelah mengetahui isinya, jelas bahwa Maklumat 3 November 1945 dapat memicu kemunculan partai politik di Indonesia. Kondisi itu ternyata benar-benar terjadi.
Mengutip dari buku yang sama, Rusdi (2023: 24 – 25), berikut adalah sepuluh partai politik yang berdiri setelah pemerintah mengeluarkan Maklumat 3 November 1945.
ADVERTISEMENT
Demikian jelas bahwa isi Maklumat 3 November 1945 membahas tentang pembentukan partai di Indonesia. Maklumat tersebut kemudian membuat Indonesia memiliki banyak partai politik, contohnya Masyumi, PBI, PRS, dan PNI. (AA)
ADVERTISEMENT