Julukan Kota Medan beserta Asal Usul dan Sejarahnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
28 April 2023 18:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Julukan Kota Medan. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Julukan Kota Medan. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Julukan kota Medan diberikan karena berbagai alasan. Dikutip dari buku Learn Indonesian Level 5 Advanced, Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Utara yang merupakan kota terbesar nomor tiga di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kota Medan mempunyai berbagai ciri khas dan hal menarik yang membuatnya mendapat berbagai julukan. Lantas, apa saja julukan tersebut?

Julukan Kota Medan

Ilustrasi Julukan Kota Medan. Sumber: Unsplash
Medan menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendapat beberapa julukan karena berbagai alasan. Beberapa julukan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kota Perdagangan

Kota Medan terbukti sebagai pusat perdagangan sejak abad ke-11. Bukti tersebut, mulai dari koin Cola, koin Sinhala, dan koin China dari beraneka dinasti, tersimpan di Museum Situs Cotta Cinna, Marelan.
Selain koin, ada juga berbagai bukti lainnya bahwa Medan adalah kota yang digunakan untuk melakukan transaksi perdaganngan. Bukti tersebut, antara lain ratusan ribu tembikar, keramik, dan manik dari India dan negara lainnya.

2. Kota Ketua

Julukan pertama yang disematkan pada Kota Medan adalah Kota Ketua. Julukan ini diberikan karena kata sapaan yang diberikan pada setiap orang di Medan.
ADVERTISEMENT
Siapa pun orang tersebut, masyarakat Medan pasti memanggil mereka dengan julukan ketua. Inilah alasan mengapa Medan kerap dijuluki Kota Ketua.

3. Kota Melayu Deli

Dahulu, di Medan terdapat Kesultanan Deli yang memegang kekuasaan sampai Perang Dunia II berakhir. Sebenarnya, Kesultanan Deli masih berdiri hingga saat ini, namun tidak lagi berkuasa seperti dahulu.
Adanya Kesultanan Deli membuat Medan mempunyai nilai historis yang sangat kuat. Inilah alasan mengapa Medan mendapat sebutan sebagai Kota Melayu Deli.

4. Paris Van Sumatra

Medan pernah dijuluki sebagai Paris Van Sumatra sebelum Perang Dunia II terjadi karena menjadi pusat perkebunan yang begitu maju dan terkenal dengan keberanian, kerja keras, dan semangatnya.
Di abad ke-19, Paris Van Sumatra menjadi bentuk kompetisi antara Belanda dan Inggris karena Inggris telah membangun Pulau Pinang. Belanda yang tidak mau kalah pun menjadikan Medan sebagai kota koloni.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia sekilas penjelasan mengenai julukan yang disematkan pada Kota Medan.(LAU)