Konten dari Pengguna

Julukan Republik Venesia dan Fakta Menariknya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
11 Juli 2023 21:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Julukan Republik Venesia. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Julukan Republik Venesia. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
La Serenissima adalah salah satu julukan Republik Venesia. Tentunya julukan tersebut diberikan karena suatu alasan tertentu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Dari Altair ke Eivor: Memulai Perjalanan Sejarah Dari Serial Game Assassin's Creed, Republik Venesia mempunyai ibu kota di Venesia yang merupakan salah satu kota besar dengan ratusan kanalnya.
Lantas, mengapa Republik Venesia dijuluki sebagai La Serenissima?

Mengenal Julukan Republik Venesia

Ilustrasi Julukan Republik Venesia. Sumber: Unsplash
Republik Venesia merupakan negara dengan pusat yang ada di daerah Venesia, Italia. Negara ini sudah berdiri selama satu milenium, dari akhir abad ke-7 sampai tahun 1797. Negeri ini juga mendapat julukan sebagai La Serenissima.
Republik Venesia pada masa kejayaannya adalah kekuatan maritim serta perdagangan utamanya berada di wilayah Mediterania. Selain La Serenissima, Republik Venesia juga mempunyai julukan lainnya, antara lain The Floating City, La Dominate, City of Canals, City of Bridges, City of Water, dan City of Masks.
ADVERTISEMENT

Fakta Menarik Mengenai Republik Venesia

Berikut ini berbagai fakta menarik mengenai Republik Venesia:

1. Jalan Sempit

Republik Venesia mempunyai banyak sekali jalan dengan ukuran sempit. Jalan sempit tersebut disebut sebagai calleta atau Ramo VARISCO dengan letak di sisi jalan Campo San Canciano, yaitu salah satu jalan paling sempit di dunia.

2. Grand Canal

Terdapat beberapa kanal yang berada di Republik Venesia. Grand canal merupakan canal yang paling besar dan terletak di Kota Venice. Maka dari itu tak heran banyak turis yang menjadikannya objek wisata.

3. Kota Jembatan

Terdapat sebanyak 417 jembatan di Republik Venesia dengan 72 diantaranya merupakan milik pribadi. Umumnya, jembatan di sana tidak mempunyai anak tangga, hingga pada abad 16 ada banyak orang yang memakai kuda.

4. Festival

Ada sebuah festival tahunan yang dirayakan oleh penduduk setempat, yaitu Karnaval Venesia. Karnaval tersebut akan berakhir sampai prapaskah, yaitu peryaan umat kristiani 40 hari sebelum paskah. Festival tersebut sangat terkenal karena menampilkan berbagai topeng unik.
ADVERTISEMENT
Itu dia sekilas pembahasan mengenai julukan Republik Venesia dan berbagai fakta menariknya. (LAU)