Kebijakan Megawati dalam Berbagai Bidang

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
8 April 2024 23:05 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kebijakan Megawati. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kebijakan Megawati. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kebijakan Megawati tertuang dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, sampai pemberantasan korupsi. Kebijakan Megawati dalam berbagai bidang menjadi salah satu sejarah penting bagi Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Sejarah oleh Ignaz Kingkin, dkk., Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Beliau resmi menjadi presiden wanita pertama Indonesia setelah MPR menggelar Sidang Istimewa pada 2001.
Lantas, apa saja kebijakan yang diberlakukan Megawati selama menjabat?

Kebijakan Megawati

Ilustrasi Kebijakan Megawati. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai kebijakan yang diberlakukan Megawati ketika menjabat sebagai presiden Indonesia:

1. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, Megawati mengalokasikan dana bagi pendidikan dan pendidikan luar sekolah. Dengan demikian, lebih banyak masyarakat yang terbantu.

2. Bidang Kesehatan

Kebijakan Megawati berikutnya ada pada bidang kesehatan di mana beliau mengeluarkan Kartu Sehat. Program tersebut merupakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin.
Adanya kebijakan ini membuat banyak masyarakat miskin dapat meraih akses kesehatan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang memberatkan.
ADVERTISEMENT

3. Bidang Politik

Megawati memberlakukan amandeman UUD 1945 sebagai upaya menciptakan tatanan politik baru. Beliau juga berusaha melaksanakan amanat politik dengan baik melalui penyusunan perundangan.
Adapun kebijakan yang diberlakukan, yaitu:

4. Bidang Ekonomi

Kebijakan Megwati berikutnya adalah pada bidang ekonomi. Beliau melakukan berbagai usaha dalam mengembalikan fungsi intermediasi perbankan, perbaikan ekonomi makro, serta stabilisasi fiskal.
Terjadinya inflasi membuat Megawati berusaha mengendalikan peredaran uang melalui kebijakan moneter Bank Indonesia. Kebijakan berikutnya adalah imbal beli demi mendorong meningkatnya ekspor nonmigas.

5. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial, Megawati mendirikam Komite Penanggulangan Kemiskinan (KPK) untuk mengatasi masalah kemiskinan. Selain itu, beliau juga mencetuskan program beras rakyat miskin (raskin) dengan harga Rp1.000 perkilo.
ADVERTISEMENT
Usaha yang dilakukan Megawati terbayar ketika beliau berhasil menekan angka kemiskinan dari 28 persen menjadi 18 persen.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai kebijakan Megawati dalam berbagai bidang ketika menjabat sebagai presiden.(LAU)