Ketahui Asal-Usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
26 November 2023 22:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Asal-Usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sumber: Unsplash.com/مشعل زاهد
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Asal-Usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sumber: Unsplash.com/مشعل زاهد
ADVERTISEMENT
Asal-usul dan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pemahaman penting bagi warga negara Indonesia. Salah satu alasan pemahaman tersebut termasuk penting adalah karena Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Arti dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Arti tersebut menyimpan makna bahwa walaupun berbeda-beda, hakikatnya Indonesia tetap satu kesatuan.
Simak pembahasan mengenai asal-usul dan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang perlu diketahui dalam ulasan berikut ini.

Asal-Usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Ilustrasi Asal-Usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sumber: Unsplash.com/Jez Timms
Asal-usul dan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pemahaman dasar yang penting untuk dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Pemahaman tersebut penting untuk dimiliki karena dapat menambah rasa persatuan dan kesatuan.
Secara umum, Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna sebagai walaupun berbeda-beda, tetap satu jua. Makna tersebut melambangkan bahwa walaupun Indonesia memiliki perbedaan suku, budaya, adat, dan lain-lain, Indonesia tetap satu kesatuan.

A. Asal-Usul Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebenarnya telah muncul sebelum Indonesia Merdeka. Semboyan tersebut muncul dalam pembicaraan terbatas antara Muhammad Yamin, Soekarno, dan I Gusti Bagus Sugriwa dalam sidang-sidang BPUPKI.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2018/2019 karya Raditya Panji Umbara (2018: 49), Moh. Hatta mengatakan bahwa Bhinneka Tunggal Ika adalah ciptaan Bung Karno setelah Indonesia Merdeka.
Ketika merancang lambang negara Republik Indonesia dalam bentuk Garuda Pancasila, Bhinneka dimasukkan ke dalamnya. Saat ini, semboyan Bhinneka Tunggal Ika tertera dalam pita putih yang dicengkeram oleh Garuda Pancasila.

B. Makna Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang berasal dari Kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Mengutip dari buku yang sama, Raditya Panji Umbara (2018: 49), berikut ungkapan yang terdapat di Kitab Sutasoma.
ADVERTISEMENT
Arti ungkapan tersebut, yaitu bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua.
Berdasarkan makna tersebut, kata bhinneka berarti beragam, tunggal berarti satu, dan ika berarti itu. Oleh karena itu, secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika dapat memiliki arti sebagai beraneka satu itu.
Mengutip dari buku Indonesiaku Bhinneka Tunggal Ika karya Ningsih, dkk. (2022: 353), makna Bhinneka Tunggal Ika, yaitu meskipun berbeda-beda, tetapi hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu.
Kesimpulannya, Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan Indonesia. Semboyan tersebut dapat memiliki makna sebagai ungkapan bahwa walaupun berbeda-beda tetap satu jua. (AA)
ADVERTISEMENT