Keunikan Baju Bodo dari Sulawesi Selatan beserta Fungsinya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
9 Juni 2024 21:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan. Sumber: Abby AR/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan. Sumber: Abby AR/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Baju bodo adalah pakaian adat Suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Baju adat ini sering dikenakan para wanita. Adapun keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan adalah warna pakaiannya menunjukkan usia sang pengguna.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga disampaikan oleh Tandean dalam Pemahaman tentang Pembagian Aturan Warna pada Baju Tradisional Suku Bugis, bahwa baju bodo mempunyai aturan pembagian warna tersendiri.
Apabila ingin mengetahui keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan lainnya, simak selengkapnya dalam bacaan berikut.

Filosofi Baju Bodo dari Sulawesi Selatan

Ilustrasi keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan. Sumber: Abby AR/pexels.com
Sebelum mencari tahu tentang keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan, sebaiknya pahami dulu filosofinya. Baju bodo mempunyai filosofi berupa kesopanan, keanggunan, serta kesederhanaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Bugis.
Kesederhanaan baju bodo tampak dari segi desainnya yang tak rumit. Selain itu, pemilihan bahan juga tidak berlebihan. Keanggunan baju bodo terlihat ketika dikenakan oleh pemakainya, sehingga membuat seseorang tampak berwibawa.
Di sisi lain, kesopanan tampak dari segi potongan bajunya yang menutup aurat. Selain filosofi dari pembuatan pakaian, hal itu juga terlihat dalam pemakaiannya. Baju bodo banyak dikenakan dalam rangkaian upacara adat sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai luhur serta tradisi yang dianut.
ADVERTISEMENT

Keunikan Baju Bodo dari Sulawesi Selatan

Baju bodo adalah baju adat asal Sulawesi Selatan yang memiliki berbagai keunikan. Adapun sejumlah keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan adalah:

1. Warna

Salah satu keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan adalah dari segi warnanya. Warna pakaian ini menunjukkan usia atau kedudukan seseorang. Untuk baju dengan warna terang, misalnya kuning, hijau, dan merah, akan digunakan para bangsawan maupun orang dengan kedudukan tinggi.
Di sisi lain, jika pakaiannya berwarna netral atau gelap, misalnya biru, cokelat, atau hitam, akan digunakan masyarakat biasa. Jadi, pemilihan warna tersebut diatur berdasarkan stratifikasi sosial masyarakat.

2. Kegunaan

Keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan selanjutnya dari segi kegunaannya. Baju bodo umumnya akan dikenakan dalam dua acara, yakni upacara adat serta pernikahan. Beberapa upacara adat yang mengharuskan penggunaan baju bodo sebagai simbol penghormatan adalah pelantikan kepala adat, pesta adat, maupun ritual lainnya.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi mengenai keunikan baju bodo dari Sulawesi Selatan dan filosofinya. [ENF]