Legenda Nyi Blorong sebagai Panglima Kerajaan Ratu Kidul

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi legenda Nyi Blorong. Sumber: Rahul Yogi/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi legenda Nyi Blorong. Sumber: Rahul Yogi/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Legenda Nyi Blorong adalah suatu cerita terkenal yang berasal dari kawasan Yogyakarta. Legenda Nyi Blorong ini menceritakan seputar wanita cantik yang dikenal sebagai seorang panglima di Kerajaan Ratu.
ADVERTISEMENT
Hamirul, Hidayat, dan Elsyra dalam penelitiannya yang bertajuk Pesugihan Ala Nyi Blorong Masa Kini (Studi pada Group Telegram Dukun Pesugihan tanpa Tumbal) mengungkapkan bahwa legenda Nyi Blorong termasuk sebagai mitos terkenal di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut seputar legenda Nyi Blorong, simak penjelasannya dalam bacaan berikut.

Legenda Nyi Blorong

Ilustrasi legenda Nyi Blorong. Sumber: Mauricio Vanegas/pexels.com
Nyi Blorong adalah salah satu mitos terkenal dari Pantai Selatan Jawa yang digambarkan memiliki tubuh bagian atas setengah manusia dan bagian bawahnya berupa ular. Legenda Nyi Blorong ini mengisahkan tentang wanita cantik sebagai panglima Kerajaan Kidul.
Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, Nyi Blorong diceritakan sebagai penguasa keraton Pantai Selatan yang mempunyai pengikut dari bangsa jin serta makhluk halus. Di samping itu, Nyi Blorong juga termasuk sebagai wanita sakti.
ADVERTISEMENT
Bahkan, dirinya mampu mencari pengikut dari golongan manusia melalui tindakan pesugihan, lalu menjadi budak-budaknya. Selain itu, Nyi Blorong digambarkan sebagai sosok yang menggunakan kebaya hijau serta rajutan emas.
Rajutan emas tersebut berbentuk kain panjang yang diyakini sebagai perwujudan sosok asli berbentuk ular raksasa. Di samping itu, Nyi Blorong digambarkan sebagai wanita cantik yang bisa berubah menjadi sosok sakti tepat ketika bulan purnama terjadi.
Ketika bulannya berubah bentuk, maka Nyi Blorong akan berubah menjadi ular raksasa sebagai bentuk aslinya. Beberapa cerita menunjukkan bahwa Nyi Blorong termasuk sebagai anak dari Ratu Anginangin. Dirinya adalah ratu dari seluruh makhluk halus di Jawa serta dianggap mempunyai Kerajaan Laut Selatan.
Nyi Blorong lalu menikah dengan putra Aji Saka, yaitu Jaka Linglung. Jaka Linglung dikisahkan mampu membunuh sosok buaya putih yang termasuk penjelmaan dari Prabu Dewatacengkar asal Kerajaan Medang Kamulan.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi mengenai legenda Nyi Blorong sebagai mitos yang berasal dari Laut Selatan Jawa. [ENF]