Lokasi Yunani Kuno dan Perkembangan Peradaban Bersejarahnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 21:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi lokasi Yunani kuno. Sumber: Aleksandar Pasaric/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lokasi Yunani kuno. Sumber: Aleksandar Pasaric/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Yunani kuno adalah peradaban dalam sejarah yang memengaruhi kebudayaan bangsa Eropa. Lokasi Yunani kuno berada di bagian tenggara Benua Eropa.
ADVERTISEMENT
Juanda dalam Aliran-Aliran Filsafat Landasan Kurikulum dan Pembelajaran (Dari Yunani Kuno hingga Postmodern) menyebutkan bahwa Yunani kuno berada di Benua Eropa.
Jika ingin mengetahui informasi lengkap seputar lokasi Yunani kuno, simak selengkapnya dalam bacaan berikut ini.

Lokasi Yunani Kuno

Ilustrasi lokasi Yunani kuno. Sumber: René Lussi/pexels.com
Yunani adalah peradaban besar yang memengaruhi peradaban dunia. Adapun lokasi Yunani kuno adalah di ujung tenggara dari Benua Eropa dan bagian selatan dari Semenanjung Balkan.
Selain itu, sebagian besar dari kepulauan yang berada di Laut Aegea serta Laut Ionia juga menjadi bagian dari kawasan Yunani. Sementara itu, bagian utara dari Yunani berbatasan langsung dengan Yugoslavia, Albania, Turki, serta Bulgaria.
Di sisi lain, bagian timur berbatasan dengan Laut Aegea dan selatannya berbatasan dengan Laut Tengah. Bagian barat Yunani mempunyai batasan dengan Laut Ionia.
ADVERTISEMENT

Perkembangan Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Yunani kuno mengalami perkembangan pesat. Adapun beberapa perkembangan peradaban Yunani kuno adalah:

1. Kreta

Salah satu bentuk peradaban Yunani kuno adalah di Pulau Kreta. Peradaban ini diperkirakan berlangsung tahun 2600 hingga 1500 Sebelum Masehi.
Pulau ini memiliki pengaruh besar sebagai titik utama perdagangan internasional. Di samping itu, bangsa Kreta juga dikenal dengan kebudayaan Minos. Tanda-tandanya berupa ahli keramik, gerabah, arsitektur yang baik, serta mampu membuat perhiasan.

2. Arkais

Peradaban Arkais terjadi pada 800 hingga 480 Sebelum Masehi. Tanda-tanda peradaban ini adalah dikenalnya uang koin, munculnya city-state, filsafat, pembentukan koloni Yunani, serta kesenian.

3. Yunani Klasik

Peradaban Yunani klasik mempunyai tanda-tanda berupa penguatan ancaman Kekaisaran Persia yang berencana menguasai Yunani. Untuk menggagalkan serangan tersebut, Athena serta Sparta memiliki peran besar.
ADVERTISEMENT

4. Hellenistik

Peradaban Hellenistik mulai dari masa Alexander yang menguasai berbagai kawasan dengan melawan Mesir, Persia, Mesopotamia, Asia Tengah, Arab, hingga perbatasan India.

5. Yunani-Romawi

Peradaban Romawi mulai bangkit tahun 509 Sebelum Masehi. Para pertempuran Korintus, akhirnya Romawi berhasil menang melawan kota di Yunani.
Demikian informasi lengkap mengenai lokasi Yunani kuno dan peradabannya. [ENF]