Luas Candi Mendut, Sejarah, Lokasi, dan Gaya Arsitekturnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi luas candi mendut. Sumber: Julia Volk/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi luas candi mendut. Sumber: Julia Volk/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Candi Mendut adalah bangunan peninggalan agama Buddha yang berada di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Luas Candi Mendut diperkirakan sekitar 13,7 x 13,7 meter dengan ketinggian mencapai 26,4 meter.
ADVERTISEMENT
Menurut Lestari dalam Mengenal Lebih Dekat: Candi Nusantara, Candi Mendut ditemukan sekitar tahun 1836 dan termasuk sebagai peninggalan Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno.
Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai sejarah dan luas Candi Mendut, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Sejarah Candi Mendut

Ilustrasi luas candi mendut. Sumber: Jannet Serhan/pexels.com
Sebelum mengetahui tentang luas Candi Mendut, sebaiknya cari tahu dulu sejarahnya. Jadi, Candi Mendut adalah bangunan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang ditemukan sekitar tahun 1836 Masehi. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.
Menurut J.G. De Casparis, arkeolog asal Belanda, bangunan candi ini didirikan oleh raja pertama dari Dinasti Syailendra sekitar tahun 824 Masehi. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Prasasti Karangtengah.
Menurut prasasti tersebut, Raja Indra mendirikan bangunan suci dengan nama wenuwana atau hutan bambu. Casparis menjelaskan bahwa yang dimaksud sebagai wenuwana adalah Candi Mendut yang usianya diperkirakan lebih tua daripada Candi Borobudur.
ADVERTISEMENT

Lokasi Candi Mendut

Candi Mendut mempunyai lokasi yang tidak jauh dari Candi Borobudur, yakni sekitar 3 hingga 4 km. Adapun lokasi Candi Mendut berada di Desa Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut termasuk sebagai salah satu dari tiga serangkai candi yang berada di Magelang. Terdapat Candi Borobudur, Mendut, serta Pawon.

Luas Candi Mendut dan Gaya Arsitekturnya

Candi Mendut mempunyai bangunan yang cukup luas. Adapun luas Candi Mendut adalah sekitar 13,7 x 13,7 meter dengan ketinggian mencapai 26,4 meter. Letak bangunan Candi Mendut ini berada di atas batu yang mempunyai tinggi 2 meter.
Bangunan Candi Mendut didirikan dengan batu bata serta campuran batu andesit. Hal itu membuatnya tampak lebih kokoh. Di dalam bangunan ini ada 3 arca Buddha dan patung Buddha Sakyamuni yang posisinya duduk.
ADVERTISEMENT
Candi Mendut mempunyai tangga menuju selasar yang berada di bagian barat atau depan pintu masuk dengan bilik penampil. Menariknya, bagian dinding Candi Mendut terdapat beragam relief pahatan untuk menggambarkan ajaran Buddha.
Demikian informasi mengenai luas Candi Mendut, sejarah, lokasi, dan arsitekturnya. [ENF]