Luas Candi Prambanan dan Keunikannya yang Menjadi Daya Tarik

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Luas Candi Prambanan. Sumber: Unsplash.com/apryan widodo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Luas Candi Prambanan. Sumber: Unsplash.com/apryan widodo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan peninggalan Hindu yang ada di Indonesia, tepatnya di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas Candi Prambanan adalah sekitar 39,8 hektare atau setara dengan 398.000 m².
ADVERTISEMENT
Jika melihat luasnya, dapat terbayang bahwa candi tersebut tampak megah dan besar. Faktanya, Candi Prambanan sebagai peninggalan masa peradaban Hindu memang megah dan besar karena terdiri dari banyak candi, misalnya Candi Siwa dan Candi Wisnu.

Luas Candi Prambanan

Ilustrasi Luas Candi Prambanan. Sumber: Unsplash.com/Wendy Winarno
Ketika mendengar kata “candi”, banyak orang akan memikirkan tentang bangunan zaman dahulu yang megah, besar, dan terdiri dari banyak susunan batu. Pemikiran tersebut wajar terjadi karena kenyataannya, candi memang seperti itu.
Contohnya adalah Candi Prambanan yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengutip dari laman Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, jogjacagar.jogjaprov.go.id, luas Candi Prambanan adalah 39,8 hektare.
Luas tersebut setara dengan 398.000 m². Jika melihat luas dari Candi Prambanan, jelas bahwa bangunan peninggalan masa peradaban Hindu di Indonesia itu sangat besar dan megah.
ADVERTISEMENT
Faktanya, Candi Prambanan memang besar dan megah dengan keberadaan sejumlah candi di dalam kompleks tersebut. Beberapa contoh adalah Candi Siwa dan Candi Wisnu.

Ragam Keunikan Candi Prambanan

Ilustrasi Luas Candi Prambanan. Sumber: Unsplash.com/Eugenia Clara
Candi Prambanan sebagai peninggalan sejarah tentu memiliki sisi unik yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Berikut beberapa contoh keunikan dari Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta:

1. Terdiri dari Banyak Candi

Kebanyakan candi peninggalan Hindu memiliki bentuk yang ramping, tidak melebar seperti candi peninggalan Buddha. Candi Prambanan pun memiliki bentuk ramping, tetapi tetap besar dan megah dengan keberadaan banyak candi.
Mengutip dari buku Jagat Biru Rahayu: Lingkungan dan Kehidupan Bermartabat, Agus, dkk. (2017: 189), Candi Prambanan adalah kompleks candi-candi, yaitu:
ADVERTISEMENT

2. Punya Banyak Relief

Salah satu ciri khas dari candi adalah memiliki relief. Mengutip dari buku yang sama, Agus, dkk. (2017: 189), contoh relief yang terdapat di Candi Prambanan, yaitu:

3. Punya Cerita Legenda

Candi Prambanan mempunyai cerita legenda tentang permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso. Kala itu, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso untuk membuat candi.
Demikian jelas bahwa luas Candi Prambanan adalah sekitar 39,8 hektare. Candi nan megah tersebut merupakan peninggalan peradaban Hindu di Indonesia, tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. (AA)