Memahami Asal Usul dan Terbentuknya Pola Kehidupan Manusia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
2 Oktober 2023 23:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia terus berkembang dari waktu ke waktu menjadi semakin sempurna, baik dari bentuk fisik juga perubahan ukuran otak dan bentuk wajah.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Smithsonian National Museum of Natural History, salah satu ciri manusia paling awal yakni bisa berjalan menggunakan dua kaki. Selanjutnya, perhatian terhadap manusia beralih ke karakteristik kompleks yaitu otak.
Meski begitu, bentuk manusia dari zaman dulu sampai sekarang sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Lalu bagaimana asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia? Simak penjelasannya di bawah ini.

Asal Usul dan Terbentuknya Pola Kehidupan Manusia

Ilustrasi asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia. Foto: Pixabay
Berikut adalah kronologi asal usul dan terbentuknya pola kehidupan masyarakat dari zaman dulu hingga sekarang.

1. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Pada masa ini, manusia masih bertahan hidup dalam kelompok kecil dan tinggal secara nomaden. Manusia mengumpulkan umbi-umbian dan berburu hewan dengan kapak genggam.

2. Masa Bercocok Tanam

Pola kehidupan pada manusia di masa ini mulai tertata. Manusia mulai mengenakan pakaian dari kulit hewan dan kulit kayu. Selain itu, manusia juga sudah membuat rumah dari kayu.
ADVERTISEMENT
Mereka juga memanfaatkan semak belukar sebagai media tanam untuk menghasilkan makanan. Setelah bahan makanan habis dan tanah tidak lagi subur, mereka akan mencari tempat tinggal baru.

3. Masa Mengenal Kepercayaan

Pada zaman ini, manusia mulai mengenal kepercayaan dan menyembah sesuatu, seperti matahari, hewan, pohon, dan lainnya. Manusia bahkan mulai membuat bangunan besar untuk tujuan pemujaan atau upacara tertentu.
Manusia juga memulai masa Perundagian. Masa ini adalah masa di mana manusia mulai tinggal dalam desa atau kampung untuk waktu yang cukup lama.
Nenek moyang juga sudah melakukan tradisi barter dan perniagaan. Selain itu, manusia juga mulai bisa membuat perhiasan dari logam.

4. Masa Modern

Seiring berkembangnya zaman, kehidupan manusia juga semakin membaik. Di mana zaman sekarang mulai dipenuhi dengan teknologi yang canggih.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, manusia zaman sekarang juga tinggal di satu tempat tanpa harus beradaptasi dengan iklim. Di mana tidak perlu melakukan perburuan saat persediaan makanan habis.
Demikian pembahasan mengenai asal usul dan terbentuknya pola kehidupan manusia. (SP)