Mengenal Sejarah Kipas Angin yang Menarik untuk Diketahui

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
13 Juli 2023 23:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sejarah Kipas Angin. Foto: dok. Unsplash/Delaney Van
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sejarah Kipas Angin. Foto: dok. Unsplash/Delaney Van
ADVERTISEMENT
Sejarah kipas angin menjadi salah satu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Kipas angin mulai ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Dalam perkembangannya, kipas angin semakin canggih sehingga dapat digerakkan dengan aliran listrik.
ADVERTISEMENT
Penemuan kipas angin modern dengan tenaga listrik dicetuskan seseorang bernama Schuyler Skaats Wheeler. Penemuannya menjadi awal dari kecanggihan kipas angin yang digunakan saat ini.
Simak penjelasan tentang sejarah kipas angin secara lebih mendalam di artikel ini.

Sejarah Kipas Angin

Ilustrasi Sejarah Kipas Angin. Foto: dok. Unsplash/yechan park
Kipas angin adalah alat yang digunakan untuk mendinginkan ruangan dengan embusan angin yang berputar dalam alat.
Dikutip dari buku Rumah Ide: Home Appliances yang disusun oleh Imelda Akmal Architecture Writer Studio (2009:19), kipas angin adalah perangkat yang berfungsi sebagai pendingin udara, penyegar udara, dan ventilasi.
Kipas angin umumnya bisa dibedakan menjadi kipas angin tradisional yang digerakkan dengan tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan dengan tenaga listrik.
Saat ini, kipas angin diproduksi dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai dari kipas angin duduk yang bisa diletakkan di meja, kipas angin berdiri, serta kipas angin gantung.
ADVERTISEMENT
Kipas angin pertama kali ditemukan sekitar 4000 tahun lalu. Kipas angin ini ditemukan di sebuah makam raja di Mesir bernama Raja Tutankhamen. Pada masa itu kipas angin digunakan untuk upacara keagamaan. Hal ini membuat kipas angin dianggap sebagai benda yang sakral.
Kipas angin listrik pertama ditemukan pada 1882 oleh Schuyler Skaats Wheeler, dengan bentuk awalnya berupa dua buah baling-baling.
Menurut Iswara N. Raditya dalam buku berjudul 200 Tokoh Super Jenius Penemu dan Perintis Dunia (2012: 533), Wheeler adalah seorang pria kelahiran Massachusetts, Amerika Serikat pada 17 Mei 1860. Ia berhasil menemukan kipas angin listrik pada 1882.
Mulanya Wheeler membuat sketsa dan menguji sketsa tersebut. Berdasarkan teori yang tergambar pada sketsa kipas angin listrik, dua bilah kipas yang tergambar akan berputar.
ADVERTISEMENT
Dua buah kipas yang berputar tersebut kemudian dikenal dengan nama kipas angin listrik. Sedangkan motor penggerak kini lebih dikenal dengan nama dinamo.
Penemuan kipas angin listrik yang diinisiasi Wheeler ini kemudian diproduksi secara massal untuk kemudian dijual ke publik. Wheeler memproduksi kipas angin temuannya pada Crocker and Curtis Electric Motor Company yang merupakan perusahaan motor listrik milik Charles G. Francis Curtis dan Crocker B.
Selain kipas angin listrik, Wheeler juga ikut menemukan beberapa benda listrik dan motor penggerak, seperti elevator listrik. Hal ini membuat nama Wheeler disebut sebagai salah satu tokoh yang berperan besar dalam perkembangan dunia kelistrikan khususnya di New York.
Demikian pembahasan mengenai sejarah kipas angin yang menarik untuk diketahui. (DAP)
ADVERTISEMENT