Mengintip Isi Piramida Mesir yang Misterius

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
20 Desember 2023 23:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Isi Piramida Mesir. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Isi Piramida Mesir. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Tak sedikit orang yang menyimpan rasa penasaran terhadap isi piramida Mesir. Pasalnya, bentuk bangunan peninggalan Mesir ini begitu terlihat unik dan menarik bagi masyarakat modern masa kini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Teknologi Modern oleh Trija Fayeldi dan Syerif Nurhakim, piramida merupakan suatu bangunan berukuran sangat besar yang terdapat di Mesir. Bentuk piramida adalah limas dan tetap kokoh walau berusia ribuan tahun.
Banyak sumber yang membahas mengenai isi di dalam piramida yang mengacu dari berbagai bukti yang ada. Lantas, sebenarnya apa yang terdapat di dalam piramida?

Isi Piramida Mesir yang Misterius

Ilustrasi Isi Piramida Mesir. Sumber: Unsplash
Ukuran Piramida Agung atau Piramida Khufu mencapai 481,4 kaki atau 147 meter. Ukuran ini sangat besar sehingga mendapat gelar piramida paling tinggi di Giza. Namun, piramida-piramida Mesir hanya mempunyai sedikit ruangan terbuka dalam massa raksasanya.
Piramida Agung mempunyai fungsi yang sama seperti berbagai piramida Mesir lainnya, yaitu sebagai makam raja. Biasanya, tempat peristirahatan Firaun berada di dalam ruang pemakaman yang terletak pada bagian bawah piramida.
ADVERTISEMENT
Walaupun Piramida Agung mempunyai banyak kamar bawah tanah, namun terdapat dugaan bahwa kamar-kamar tersebut belum selesai dibangun.
Kamar raja sendiri dapat dicapai dengan melewati lorong menanjak dengan ukuran sangat sempit. Sebelum sampai di kamar raja, harus melewati kamar ratu terlebih dahulu yang setelah itu menemukan lorong lebih tinggi yang disebut Galeri Agung.
Kamar raja terbuat dari suatu bahan yang sangat keras. Dalam kamar raja, terdapat sebuah ruangan kecil yang dilapisi balok granit tebal. Diduga terdapat sarkofagus Khufu yang berada di dalam kamar raja.
Di dalam piramida dipercaya terdapat berbagai barang berharga raja. Karena adanya berbagai barang berharga itu, banyak penjarah yang berusaha mendapatkan harta karun tersebut.
Inilah mengapa, di dalam Piramida Agung hanya ditemukan sarkofagus granit besar yang dulunya menyimpan mumi raja yang tertanam kuat di dalam lantai.
ADVERTISEMENT
Itu dia sekilas pembahasan mengenai isi piramida Mesir yang kerap menjadi hal yang misterius.(LAU)