Mitologi Nordik dan Dewa-dewanya yang Terkenal di Eropa

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
26 Maret 2024 21:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mitologi nordik dan dewa-dewanya. Sumber: Lale Favre/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mitologi nordik dan dewa-dewanya. Sumber: Lale Favre/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mitologi Nordik dan dewa-dewanya adalah cerita rakyat yang terkenal di kawasan Eropa Utara. Cerita rakyat ini mengisahkan tentang dewa, manusia, raksasa, hingga kurcaci yang saling terhubung.
ADVERTISEMENT
Perwira dalam Penggambaran Mitologi Nordik dalam Video Game juga menjelaskan bahwa mitologi Nordik adalah kumpulan kisah-kisah yang dipercaya oleh masyarakat Eropa Utara.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai mitologi Nordik dan dewa-dewanya, simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Mitologi Nordik

Ilustrasi mitologi nordik dan dewa-dewanya. Sumber: Lale Favre/pexels.com
Mitologi Nordik dan dewa-dewanya adalah sekumpulan kisah atau cerita rakyat yang berkembang di Eropa. Kisah ini menceritakan tentang dewa-dewa yang kuat, makhluk-makhluk legendaris, kurcaci, raksasa, hingga manusia.
Mitologi ini bukan hanya mencerminkan kepercayaan masyarakat, tetapi juga ketakutan bangsa, nilai-nilai, hingga keinginan manusia untuk memahami alam yang ditinggalinya.

Dewa-Dewa dalam Mitologi Nordik

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mitologi Nordik dikenal dengan banyaknya cerita para dewa kuat. Adapun beberapa dewa dalam mitologi Nordik adalah:

1. Thor

Salah satu dewa dalam mitologi Nordik adalah Thor atau Dewa Petir. Kisahnya tergolong populer daripada kisah-kisah lainnya. Thor digambarkan sebagai dewa terkuat yang memiliki tugas untuk melindungi Midgard serta Asgard dari ancaman berbahaya.
ADVERTISEMENT

2. Odin

Dewa dalam mitologi Nordik berikutnya adalah Odin atau raja para dewa. Odin dikenal sebagai dewa yang paling dihormati dan hidupnya sangat misterius. Dirinya dikisahkah sebagai penguasa Asgard sekaligus suka mengembara untuk mencari ilmu.

3. Freya

Dewi dalam mitologi Nordik selanjutnya adalah Freya atau Dewi Kesenangan. Dirinya digambarkan sebagai sosok yang indah dan penuh cinta. Bukan hanya itu, Freya juga dilambangkan sebagai dewi penguasa akhirat, karena bisa memilih prajurit yang gugur dalam peperangan.

4. Loki

Dewa dalam mitologi Nordik lainnya adalah Loki. Dirinya dikisahkan sebagai sosok yang sering menipu, sehingga menimbulkan berbagai konflik dan tragedi antara para dewa. Loki juga disebut sebagai dewa yang licik dan gemar berbuat jahat.

5. Ymir

Dewa dalam mitologi Nordik yang terakhir adalah Ymir. Dirinya disebut dengan entitas purba atau asal mula dari dewa-dewa berikutnya. Dalam mitologi Nordik, Ymir dikisahkan sebagai sosok yang tercipta dari es Niflheim dan panasnya Muspelheim.
ADVERTISEMENT
Demikian sederet informasi mengenai mitologi Nordik dan dewa-dewanya. [ENF]