Muhammad bin Abdul Wahhab: Biografi dan Perjalanan Hidupnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
24 April 2024 23:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Muhammad bin Abdul Wahhab. Sumber: RIZWAN SHAIKH/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Muhammad bin Abdul Wahhab. Sumber: RIZWAN SHAIKH/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Muhammad bin Abdul Wahhab adalah tokoh pendiri gerakan Wahabi di Arab Saudi. Dirinya dikenal dengan keteguhan terhadap prinsip Islam yang dianut nenek moyangnya, yakni aliran salaf.
ADVERTISEMENT
Basit dalam Muhammad Bin Abdul Wahhab: Pemikiran Teologi dan Tanggapan Ulama Mengenai Pemikirannya menyebutkan bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab juga termasuk sebagai tokoh teologi yang memiliki pemikiran pembaharuan dalam sejarah Islam.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar biografi Muhammad bin Abdul Wahhab, simak selengkapnya dalam bacaan berikut.

Biografi Muhammad bin Abdul Wahhab

Ilustrasi Muhammad bin Abdul Wahhab. Sumber: Konevi/pexels.com
Muhammad bin Abdul Wahhab adalah tokoh Islam yang berasal dari Arab Saudi. Dirinya lahir di Uyainah pada 1703 Masehi. Ayahnya merupakan seorang ulama Hambali dan termasuk Qodhi di Uyainah.
Muhammad bin Abdul Wahhab belajar banyak dari ayahnya dan dikaruniai kecerdasan. Pada usia 10 tahun, dirinya telah mampu menghafal 30 juz Al-Quran.
Muhammad bin Abdul Wahhab juga terkenal sebagai seorang teolog yang memiliki prinsip kuat untuk mengembalikan Islam ke dalam paham salaf, yakni paham yang dianut oleh nenek moyangnya.
ADVERTISEMENT

Perjalanan Hidup Muhammad bin Abdul Wahhab

Muhammad bin Abdul Wahhab memiliki perjalanan hidup dan pengalaman yang beragam. Berikut ini adalah kisah hidup Muhammad bin Abdul Wahhab:

1. Pendidikan

Muhammad bin Abdul Wahhab menempuh pendidikan di Madinah, Arab. Setelah itu, dirinya hidup di luar negeri selama bertahun-tahun.
Berkat kepandaiannya, Muhammad bin Abdul Wahhab juga pernah mengajar selama empat tahun di Basra, Irak, serta Baghdad.

2. Karya

Muhammad bin Abdul Wahhab mempunyai karya terkenal, yakni Kitab Al-Tauhid yang berisi tentang doktrin Wahabi. Kitab tersebut menjelaskan mengenai pentingnya prinsip tauhid dalam berpikir, sehingga membentuk individu dengan karakter muwahhidin.

3. Mendirikan Gerakan Wahabi

Salah satu ajaran Muhammad bin Abdul Wahhab yang terkenal adalah gerakan Wahabi. Gerakan tersebut adalah bentuk reformasi Islam di Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Tujuan dari adanya gerakan Wahabi, yaitu untuk mengembalikan ajaran Islam kepada paham salaf atau berpatokan pada Al-Quran dan hadis. Di samping itu, misi lain dari gerakan Wahabi adalah untuk membersihkan ajaran Islam dari praktis syirik, khurafat, serta bid'ah.
Demikian berbagai informasi mengenai biografi Muhammad bin Abdul Wahhab dan perjalanan hidupnya. [ENF]