Nilai yang Terkandung dalam Pancasila bagi Kehidupan Masyarakat

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber: Irgi Nur Fadil/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber: Irgi Nur Fadil/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang di dalamnya terkandung sejumlah nilai penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, serta keadilan.
ADVERTISEMENT
Aminullah dalam penelitiannya yang berjudul Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat menyampaikan bahwa Pancasila mengandung beberapa nilai yang bisa dijadikan pembelajaran serta pedoman hidup sehari-hari.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai nilai yang terkandung dalam Pancasila bagi kehidupan masyarakat, simak selengkapnya di artikel berikut.

Nilai yang Terkandung dalam Pancasila

Ilustrasi nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber: Dio Hasbi Saniskoro/pexels.com
Pancasila adalah dasar negara serta ideologi bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila, terkandung berbagai nilai yang bisa dijadikan pembelajaran hidup sehari-hari. Adapun sejumlah nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah:

1. Ketuhanan

Salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah ketuhanan. Hal ini diambil dari sila pertama dalam Pancasila. Pada dasarnya, sila pertama Pancasila digambarkan dalam bentuk bintang emas serta mempunyai latar belakang hitam.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, bintang emas menunjukkan jika bangsa Indonesia mengakui keberadaan Tuhan. Oleh sebab itu, setiap masyarakat Indonesia adalah bangsa yang mempercayai Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus menjalankan perintahnya.

2. Kemanusiaan

Nilai yang terkandung dalam Pancasila selanjutnya adalah kemanusiaan. Hal ini berasal dari bunyi sila kedua Pancasila. Sila ini termasuk sebagai implementasi dari nilai kemanusiaan yang dimiliki setiap masyarakat Indonesia. Di samping itu, manusia termasuk makhluk yang beragama, bermoral, serta berbudaya.

3. Persatuan

Nilai yang terkandung dalam Pancasila berikutnya adalah persatuan. Sila ketiga dalam Pancasila ini mempunyai makna yang dalam dan patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan berbangsa serta bernegara, setiap masyarakat perlu bersatu untuk kepentingan bersama.

4. Kerakyatan

Nilai yang terkandung dalam Pancasila selanjutnya adalah kerakyatan. Bentuk pengamalan yang bisa diterapkan dari nilai ini adalah tidak boleh memaksakan kehendak terhadap orang lain, mengutamakan musyawarah, dan menghormati pendapat orang lain.
ADVERTISEMENT

5. Keadilan

Nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terakhir adalah keadilan. Aspek ini diambil dari sila kelima dalam Pancasila. Adapun beberapa nilai-nilai luhur yang bisa dipraktikkan adalah menjunjung tinggi semangat gotong-royong, keadilan sosial, serta menghargai hasil karya orang lain.
Demikian informasi lebih lanjut mengenai nilai yang terkandung dalam Pancasila. [ENF]