Organisasi Pemuda Pertama di Indonesia sebagai Pelopor Gerakan Nasional

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi organisasi pemuda pertama di indonesia adalah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi organisasi pemuda pertama di indonesia adalah. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Organisasi pemuda pertama di Indonesia adalah Budi Utomo yang berdiri pada 20 Mei 1908. Organisasi ini juga dianggap sebagai pelopor pergerakan nasional negeri.
ADVERTISEMENT
Penasaran tentang sepak terjang Budi Utomo sebagai organisasi pemuda pertama di Indonesia? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui pembahasannya.

Organisasi Pemuda Pertama di Indonesia

Ilustrasi organisasi pemuda pertama di indonesia adalah. Foto: Pexels
Budi Utomo didirikan oleh Soetomo, mahasiswa School Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) atas anjuran dari Wahidin Sudirohusodo.
Tujuan awalnya didirikan organisasi ini adalah untuk memberi pendidikan dan pengajaran di sekolah, demi meningkatkan harkat dan martabat orang Jawa.
Buku IPS Terpadu karya Nana Supriatna, dkk, menulis kalau awalnya Budi Utomo memang difokuskan pada warga Jawa karena merupakan sasaran penjajahan utama kala itu.
Hingga pada akhirnya, Budi Utomo yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan juga politik ini membuka pendaftaran anggota bagi segala suku pada tahun 1930-an.
ADVERTISEMENT
Budi Utomo diketahui memperjuangkan berdirinya Dewan Rakyat (volksraad) akhirnya berhasil diwujudkan pada tahun 1918 dengan anggota warga Indonesia.
Ketika itu, Belanda beranggapan bahwa Budi Utomo merupakan organisasi moderat yang dianggap mau bekerja sama dengan kolonial. Oleh karena itu, Belanda memberi izin atas keberadaan organisasi tersebut.
Budi Utomo sebagai organisasi pemuda pertama di Indonesia, kini bahkan telah diakui dan menjadi dasar adanya Hari Kebangkitan Nasional.
Selanjutnya, bicara tentang organisasi pemuda lainnya, maka ada juga organisasi Tri Koro Darmo yang terbentuk akibat dari perpecahan di dalam tubuh Budi Utomo.
Tri Koro Darmo juga diketahui merupakan cikal bakal berdirinya organisasi Jong Java. Berdiri pada 7 Maret 1915, Tri Koro Darmo terbentuk karena melihat Budi Utomo yang terlihat semakin memihak kaum tua.
ADVERTISEMENT
Tokoh pembentuk organisasi ini adalah Satiman Wirjosandjojo bersama dengan Kadarman dan Soenardi. Nama organisasi ini sendiri berarti Tiga Tujuan Mulia, yaitu sakti, budi, dan bakti.
Sedangkan tujuan Tri Koro Darmo adalah mencapai Jawa Raya dengan jalan memperkokoh rasa persatuan antara pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali dan Lombok.
Demikian adalah pembahasan Budi Utomo sebagai organisasi pemuda pertama di Indonesia. (SP)