Pembentukan Partai Nasional Indonesia beserta Tujuannya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
2 Maret 2024 20:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pembentukan partai nasional indonesia, sumber foto: August de Richelieu by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pembentukan partai nasional indonesia, sumber foto: August de Richelieu by pexels.com
ADVERTISEMENT
Partai Nasional Indonesia adalah salah satu organisasi pergerakan nasional yang berdiri di Bandung pada 4 Juli 1927. Tujuan pembentukan Partai Nasional Indonesia adalah untuk mengekspresikan rasa nasionalisme rakyat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kelahiran Partai Nasional Indonesia (PNI) sendiri dilatarbelakangi oleh situasi sosial politik yang kompleks. PNI adalah nama yang digunakan oleh beberapa partai politik Indonesia sejak tahun 1927 hingga tahun 2000-an.

Pembentukan Partai Nasional Indonesia

Ilustrasi pembentukan partai nasional indonesia, sumber foto: Monstera Production by pexels.com
Dikutip dari buku Sejarah: SMA Kelas XII karya M. Habib Mustopo, Partai Nasional Indonesia lahir sebagai organisasi untuk mengekspresikan rasa nasionalisme rakyat Indonesia. Melalui Partai Nasional Indonesia (PNI) rakyat Indonesia bisa mengekspresikan rasa nasionalisme pada masa masa kemerdekaan.
Kemudian tanggal 4 Juli 1927, Soekarno membentuk sebuah gerakan yang diberi nama Persatuan Nasional Indonesia. Nama gerakan Persatuan Nasional Indonesia ini berubah menjadi Partai Nasional Indonesia.
Adanya organisasi ini menunjukkan kemandirian ekonomi dan politik untuk kepulauan Indonesia. Pembentukan PNI berdasarkan gagasan untuk tidak bekerja sama dengan pemerintah Hindia Belanda.
ADVERTISEMENT
Tidak lama kemudian pada akhir Desember 1929, Partai Nasional Indonesia memiliki anggota sebanyak 10 ribu orang. Hal ini yang membuat para pihak berwenang merasa khawatir, sehingga Soekarno dan tujuh pemimpin partai lain ditangkap.
Pada bulan Desember 1929, Soekarno dan tujuh pemimpin partai lain diadili karena dianggap mengancam ketertiban umum. Akibatnya Partai Nasional Indonesia harus dibubarkan pada 25 April 1931.
Pada 19 Agustus, Soekarno yang baru dilantik menjadi Presiden mengusulkan pembentukan negara partai dalam rapat PPKI. Pembentukan negara partai ini sebagai media bagi rakyat dalam mendukung pemerintah.

Tujuan Dibentuknya Partai Nasional Indonesia

Tujuan dibentuknya PNI yaitu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dengan asas percaya pada diri sendiri. Kemerdekaan tersebut dapat dicapai dengan memperjuangkan asas self help, nonkooperatif, dan marhaenisme. Hal ini juga yang mempelopori banyak pihak untuk membentuk partai-partai politik lain.
ADVERTISEMENT
Jadi dapat diketahui bahwa pembentukan Partai Nasional (PNI) adalah sebagai organisasi untuk mengekpresikan rasa nasionalisme Indonesia. Kehadiran Partai Nasional Indonesia dapat menjadi tonggak berdirinya partai-partai lainnya di Indonesia. (DSI)