Penemu Mesin Cetak Modern Pertama di Dunia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
23 April 2024 19:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penemu mesin cetak. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penemu mesin cetak. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penemu mesin cetak adalah Johannes Guttenberg yang berasal dari Jerman. Dia dianggap menemukan mesin cetak pertama modern di dunia.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut ini akan membahas mengenai penemu mesin cetak pertama di dunia yang menarik untuk diketahui.

Penemu Mesin Cetak

Ilustrasi penemu mesin cetak. Foto: Pixabay
Berdasarkan buku 100 Ilmuwan dan Penemu Terpopuler di dunia, Johannes Guttenberg diketahui sebagai penemu mesin cetak pertama di dunia.
Penemu asal Jerman tersebut menggunakan cetakan huruf dari logam yang bisa digunakan berkali-kali. Buku yang pertama kali dicetaknya adalah Kitab Injil.
Metode mesin cetak Guttenberg sebenarnya mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak, juga mesin cetak dalam bentuk begitu rupa.
Segel dan bulatan segel yang dibuatnya juga menganut prinsip serupa dengan cetak blok yang sudah dikenal di Cina bahkan sebelum Gutenberg lahir.
Eropa juga sudah mengenal cetak blok yang memungkinkan pencetakan banyak buku bahkan sebelum Guttenberg lahir, namun masih sistem cetak tersebut masih memiliki banyak kekurangan.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena satu set baru dan komplit dari cukilan kayu atau logam harus dibuat untuk sebuah buku. Berarti proses cetak masih belum praktis untuk mencetak berbagai macam buku.
Sedangkan, Gutenberg berfokus pada percetakan di bidang huruf cetak yang bisa bergerak. Dengan demikian berbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat.
Walau sudah banyak orang yang membuat sistem percetakan, tapi Gutenberg dianggap telah berhasil melakukan berbagai macam penyempurnaan.
Contohnya, dia mengembangkan metal logam campuran untuk huruf cetak, menuangkan cairan logam untuk huruf cetak blok secara tepat dan teliti, dan menemukan minyak tinta cetak serta alat penekan yang diperlukan untuk mencetak.
Berkat jasa Johannes Guttenberg, Eropa mengalami kemajuan pesat di bidang ilmu pengetahuan, bahkan disebut sebagai zaman Renaissance Kemajuan.
ADVERTISEMENT
Metode cetak dari Guttenberg tidak tergantikan hingga abad ke-20. Di mana sebelum mesin cetak ditemukan, sebuah buku dikerjakan sangat lama dan juga sulit diperbanyak.
Demikian adalah pembahasan mengenai Johannes Guttenberg, penemu mesin cetak pertama di dunia. (SP)