Pengertian dan Daftar Lagu Kebangsaan Indonesia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
16 Oktober 2023 23:20 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi lagu kebangsaaan Indonesia adalah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lagu kebangsaaan Indonesia adalah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Indonesia Raya merupakan salah satu lagu kebangsaan Indonesia, sesuai dengan yang tertera dalam UUD 1945 Nomor 24 Tahun 2009.
ADVERTISEMENT
Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai definisi lagu kebangsaan Indonesia beserta daftar lagu nasional indonesia yang paling populer.

Mengenal Lagu Kebangsaan Indonesia

Ilustrasi lagu kebangsaaan Indonesia adalah
Lagu kebangsaan merupakan lagu yang diakui sebagai lagu resmi sekaligus simbol dari suatu negara atau daerah. Indonesia sendiri memiliki sebuah lagu kebangsaan, yakni Indonesia Raya.
Menurut Majalah Timbul, lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman karena ia merasa tertantang untuk membuat lagu kebangsaan.
Lagu Indonesia Raya kemudian tercipta pada tahun 1924. Namun, lagu tersebut baru diperkenalkan pertama kali pada Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
Sejak saat itu, lagu Indonesia Raya akhirnya semakin dikenal di kalangan aktivis pergerakan nasional. Sayangnya, hal ini juga membuat Supratman ditangkap oleh kepolisian Hindia Belanda.
ADVERTISEMENT
Hingga akhirnya, waktu memperdengarkan atau menyanyikan lagu iNdonesia Raya perlu diatur agar tidak diketahui pihak Hindia Belanda.
Dikutip dari buku Mengenal Indonesia karya Boli Sabon Max, berikut adalah waktu di mana lagu kebangsaan bisa didengar atau diputar.

Perbedaan Lagu Kebangsaan dan Lagu Nasional

Meski sama-sama bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi selanjutnya, lagu kebangsaan dan lagu nasional sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan.
Salah satunya derajat lagu kebangsaan yang lebih tinggi daripada lagu nasional.
ADVERTISEMENT
Selain itu, lagu kebangsaan dianggap sebagai lambang sekaligus simbol persatuan suatu bangsa yang diatur oleh undang-undang. Oleh sebab itu, lagu kebangsaan Indoensia tidak boleh sembarangan dinyanyikan, termasuk dalam mengubah isi dan nadanya.
Di Indonesia, lagu kebangsaan hanya ada satu, yakni "Indonesia Raya". Berbeda dengan lagu nasional yang judul dan temanya yang jauh lebih beragam.

Daftar Lagu Nasional Indonesia

Selain lagu kebangsaan, Indonesia juga memiliki sejumlah lagu nasional yang bertemakan cinta tanah air. Lagu nasional biasanya didengar atau dinyanyikan saat peringatan hari besar kenegaraan.
Beberapa contoh lagu nasional yang populer di Indonesia, antara lain:
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai definisi dan daftar lagu kebangsaan Indonesia. (SP)