Raden Kian Santang, Anak Prabu Siliwangi yang Paling Sakti

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
15 Desember 2023 16:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi anak prabu siliwangi yang paling sakti. Sumber: Mikhail Nilov/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak prabu siliwangi yang paling sakti. Sumber: Mikhail Nilov/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Raden Kian Santang adalah anak Prabu Siliwangi yang paling sakti. Dirinya lahir dari pernikahan Prabu Siliwangi dengan Nyi Subang Larang pada 1315.
ADVERTISEMENT
Menurut Irmawati dalam Perancangan Informasi Kisah Raden Kian Santang melalui Media Komik Digital, Raden Kian Santang sejak kecil telah dilatih dengan ilmu bela diri.
Untuk mengetahui lebih lanjut seputar anak Prabu Siliwangi yang paling sakti, simak penjelasan di artikel berikut.

Anak Prabu Siliwangi yang Paling Sakti

Ilustrasi anak prabu siliwangi yang paling sakti. Sumber: Mikhail Nilov/pexels.com
Sebagaimana penjelasan sebelumnya, anak Prabu Siliwangi yang paling sakti adalah Raden Kian Santang. Dirinya lahir dari pernikahan Prabu Siliwangi serta Nyi Subang Larang.
Melalui pernikahan tersebut, Prabu Siliwangi melahirkan tiga anak, yaitu Pangeran Cakrabuana, Rara Santang, serta Raden Kian Santang. Dalam kisah sejarah, Raden Kian Santang sendiri lahir di Padjajaran pada 1315.
Dirinya tergolong sebagai orang yang cakap dan cepat belajar. Sejak kecil, dirinya telah dilatih untuk mempelajari ilmu bela diri. Bahkan, di usia yang masih belia, Raden Kian Santang telah menjadi panglima besar Padjajaran atau Dalem Bogor Kedua.
ADVERTISEMENT
Hal itu lantaran kegigihan dan keahlian yang dimiliki Raden Kian Santang. Dirinya tidak pernah ragu untuk mencoba hal baru, sehingga membawanya tumbuh menjadi sosok yang pemberani serta tangguh.
Bukan hanya itu, Raden Kian Santang juga dianggap telah mempunyai keistimewaan sejak lahir, seperti pandai membaca Al-Qur'an, mampu membaca pikiran orang lain, serta mampu menerawang.
Raden Kian Santang juga terkenal dengan kesaktiannya. Adapun beberapa ilmu kesaktian yang digadang-gadang dimiliki oleh Raden Kian Santang adalah:
Dengan berbagai kesaktian tersebut, Raden Kian Santang tetap rendah hati dan mau bergaul dengan masyarakat sekitar. Raden Kian Santang juga memiliki keahlian lainnya, seperti bela diri dan memanah.
ADVERTISEMENT
Demikian beberapa informasi mengenai Raden Kian Santang sebagai anak Prabu Siliwangi yang paling sakti. [ENF]