Ragam Perbedaan Demokrasi dan Monarki sebagai Sistem Pemerintahan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
14 Juni 2024 23:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Demokrasi dan Monarki. Sumber: Unsplash.com/Element5 Digital
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Demokrasi dan Monarki. Sumber: Unsplash.com/Element5 Digital
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Demokrasi dan monarki merupakan dua contoh sistem pemerintahan yang ada di dunia. Perbedaan demokrasi dan monarki mencakup berbagai macam aspek.
ADVERTISEMENT
Salah satu aspek pembedanya adalah letak kekuasaan. Kekuasaan demokrasi terletak pada rakyat, sedangkan monarki terletak pada penguasa (raja).

Ragam Perbedaan Demokrasi dan Monarki

Ilustrasi Perbedaan Demokrasi dan Monarki. Sumber: Unsplash.com/King's Church International
Demokrasi dan monarki merupakan dua sistem pemerintahan yang terdapat di dunia. Walaupun sama-sama merupakan sistem pemerintahan, keduanya mempunyai perbedaan yang sangat jelas.
Berikut adalah macam-macam perbedaan demokrasi dan monarki yang dapat melengkapi pemahaman mengenai sistem pemerintahan suatu negara:

1. Definisi

Perbedaan mendasar antara demokrasi dan monarki terdapat pada definisinya. Mengutip dari buku Negara dan Korupsi, Semma (2008: 26), berikut adalah arti demokrasi dan monarki.
Demokrasi berasal dari kata demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan atau kekuasaan. Jadi, definisi demokrasi adalah kekuasaan yang ada pada tangan rakyat seluruhnya.
ADVERTISEMENT
Monarki berasal dari kata monos yang berarti satu-satunya dan archien yang berarti berkuasa. Jadi, definisi monarki adalah kekuasaan yang ada di tangan seorang manusia.

2. Letak Kekuasaan

Jika melihat definisi dari demokrasi dan monarki sudah tersirat perbedaan letak kekuasaan di antara keduanya. Kekuasaan demokrasi terletak pada rakyat.
Salah satu contoh adalah rakyat memilih wakil rakyat serta presiden negara. Hal itu berbeda dengan monarki yang kekuasaannya terletak pada seorang manusia, baik itu raja maupun ratu.

3. Lama Kekuasaan

Mengutip dari buku Bagaimana Mahasiswa Berbicara Politik?, Suprapto, dkk. (2016: 163), perbedaan penguasa monarki dan penguasa lainnya adalah penguasa monarki menjadi penguasa sepanjang hayat.
Jika penguasa monarki meninggal dunia, kekuasaan diberikan kepada keturunannya. Hal itu tentu berbeda dengan demokrasi yang dipimpin oleh presiden.
ADVERTISEMENT
Presiden biasanya mengemban amanah memimpin negara dalam jangka waktu atau periode tertentu. Setelah itu, rakyat akan kembali memilih presiden untuk memimpin negaranya.
Setelah menyimak pemaparan di atas, diketahui bahwa Perbedaan demokrasi dan monarki ada banyak ragam. Tiga di antaranya adalah terletak pada definisi, kekuasaan, serta lama kekuasaan. (AA)