Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja dan Ciri Khasnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
2 Februari 2024 23:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rumah adat tongkonan berasal dari daerah Toraja. Sumber: Heru Haryanto/unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rumah adat tongkonan berasal dari daerah Toraja. Sumber: Heru Haryanto/unsplash.com
ADVERTISEMENT
Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah Toraja. Rumah adat ini mempunyai bentuk panggung persegi panjang, sedangkan atapnya mirip dengan perahu.
ADVERTISEMENT
Ismanto dan Sudarwani dalam Rumah Tongkonan Toraja sebagai Ekspresi Estetika dan Citra Arsitektural mengungkapkan bahwa rumah adat Tongkonan mempunyai gaya arsitektur yang unik.
Untuk mengetahui rumah adat Tongkonan berasal dari daerah mana, simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Pengertian Rumah Adat Tongkonan

Ilustrasi rumah adat tongkonan berasal dari daerah Toraja. Sumber: Robert Tjalondo/unsplash.com
Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini adalah simbol martabat keluarga bagi masyarakat Toraja. Oleh sebab itu, proses pembangunannya pun tidak dilakukan secara sembarangan.
Pada posisinya, rumah adat Tongkonan menghadap ke utara yang menyimbolkan bahwa lokasi ini menghadap pada Puang Matua Yang Mahakuasa.
Meski begitu, rumah adat Tongkonan kini tak banyak digunakan sebagai hunian, sehingga fungsinya pun beralih menjadi pusat budaya bagi masyarakat Toraja.
ADVERTISEMENT

Ciri Khas Rumah Adat Tongkonan

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, rumah adat Tongkonan mempunyai sejumlah ciri khas. Adapun ciri khas rumah adat Tongkonan adalah:

1. Atap Berbentuk Perahu

Salah satu ciri khas rumah adat Tongkonan adalah mempunyai atap berbentuk perahu dengan setiap ujung berbentuk busur. Berdasarkan legenda masyarakat Toraja, mereka datang dari utara lewat jalur laut, lalu terperangkap dalam badai.

2. Bangunan Berbentuk Pohon Pipit

Ciri khas rumah adat Tongkonan selanjutnya adalah mempunyai bangunan yang berbentuk pohon pipit. Bangunan rumah tersebut berada di atas pohon, dibuat dari susunan ranting pada dahan besar, dan mirip sarang burung pipit.

3. Ornamen Unik

Ciri khas rumah adat Tongkonan berikutnya adalah mempunyai ornamen unik. Adapun warna dominan dari ornamen-ornamennya adalah merah serta hitam. Di samping itu, di bagian atap pelana serta dinding terdapat desain geometris, spiral, motif kepala kerbau, dan ayam jantan.
ADVERTISEMENT

4. Patung Kepala Kerbau

Ciri khas rumah adat Tongkonan lainnya adalah adanya patung kepala kerbau yang terdapat di bagian atas rumah. Terdapat tiga jenis patung kepala kerbau, yakni kerbau putih, hitam, serta belang.
Demikian sederet informasi berkaitan dengan rumah adat Tongkonan berasal dari daerah mana dan ciri khasnya. [ENF]