SEA Games Diadakan Setiap Berapa Tahun Sekali? Ini Sejarahnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 23:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali. Sumber: Pixabay/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali. Sumber: Pixabay/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SEA Games adalah ajang olahraga populer yang telah diselenggarakan dari tahun 1959. Lantas, SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali? Pada dasarnya, ajang olahraga ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali.
ADVERTISEMENT
Putra dalam Bagaimana Prestasi Indonesia pada SEA Games, Asian Games, serta Olimpiade? Refleksi Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-38 menyebutkan bahwa SEA Games telah diselenggarakan dari tahun 1959 dan dilaksanakan per dua tahun sekali.
Apabila ingin mengetahui penjelasan mengenai SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Sejarah SEA Games

Ilustrasi SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali. Sumber: Andrea Piacquadio/pexels.com
SEA Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan untuk negara-negara di Asia Tenggara. Acara bergengsi ini umumnya diselenggarakan selama 12 hari, sudah termasuk upacara pembukaan serta penutupan. Adapun penyelenggara SEA Games adalah SEAGF atau Southeast Asian Games Federation.
Sejarah SEA Games berawal dari peran Wakil Preside Komite Olimpiade Thailand, yakni Laung Sukhumnaipradit. Dirinya mengungkapkan gagasan mengenai acara olahraga dalam skala kecil dan hanya terdiri dari negara-negara Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Ide tersebut diucapkannya dalam pelaksanaan Asian Games III yang berada di Tokyo, Jepang tahun 1958. Setelah itu, dilaksanakan pertemuan bersama perwakilan dari Laos, Myanmar, serta Malaysia pada 22 Mei 1958 di Thailand untuk membahas ide tersebut.
Setelah perundingan dan persiapan matang, akhirnya dibentuk Southeast Asian Peninsular (SEAP) Games Federation bulan Juni 1959 oleh negara Thailand, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Laos, serta Kamboja. Pada tahun ini pula Thailand menjadi tuan rumah SEAP Games tahun 1959.

SEA Games Diadakan Setiap Berapa Tahun Sekali?

SEAP Games yang telah dibentuk sebelumnya akhirnya berganti nama menjadi SEA Games tahun 1977 dalam pelaksanaannya ke-9 di Kuala Lumpur. Setelah berganti nama ini, Indonesia turut menjadi anggota baru dan menjadi tuan rumah SEA Games ke-10 tahun 1979.
ADVERTISEMENT
Lantas, SEA Games diadakan setiap berapa tahun sekali? Pada dasarnya, pelaksanaan ajang olahraga SEA Games dilakukan setiap dua tahun sekali. Saat ini, SEA Games terus memiliki cabang olahraga yang terus bertambah, hingga kompetisi terakhir terdapat setidaknya 37 cabang olahraga yang dilombakan.
Demikian informasi mengenai waktu pelaksanaan SEA Games dan sejarahnya. [ENF]