Sejarah Bekasi beserta Ragam Fakta Menariknya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
13 Juni 2024 23:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sejarah bekasi. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sejarah bekasi. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bekasi menjadi salah satu kota satelit yang mengalami perkembangan pesat selain Bogor, Tangerang, dan Depok yang berada di wilayah timur bekas ibukota DKI Jakarta. Sejarah Bekasi pada zaman kolonialisme Belanda termasuk ke dalam Kabupaten Jatinegara.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Sejarah Lokal di Indonesia karya Taufik Abdullah, sejarah Bekasi sendiri dimulai sejak zaman kerajaan, tepatnya Bekasi menjadi Ibukota Kerajaan Tarumanegara yang termasuk kerajaan terbesar di Jawa Barat pada masanya.
Sejarah Bekasi dari awal mula menjadi Ibukota Kerajaaan Tarumanegara tertulis dalam Prasasti Tugu yang merujuk pada sebuah sungai besar yang melewati kota Bekasi itu sendiri. Nama sungai tersebut adalah Candrabaga yang artinya sama dengan Bagasasi yang menjadi cikal bakal nama wilayah Bekasi.

Sejarah Bekasi

Ilustrasi sejarah bekasi. Sumber: pixabay
Zaman kerajaan runtuh karena kedatangan bangsa Eropa di tahun 1527, setelah itu Belanda menjadikan Bekasi sebagai distrik yang termasuk kabupaten Jatinegara. Setelah zaman kolonialisme Belanda digantikan dengan zaman penjajahan Jepang Kabupaten Jatinegara tersebut meliputi Cikarang, Kebayoran dan Matraman.
ADVERTISEMENT
Setelah kemerdekaan Indonesia dideklarasikan, kabupaten Jatinegara selalu mengalami perubahan, mulai dari meliputi Tambun, Cikarang hingga Kedung Gede yang sekarang terkenal dengan daerah Bojong.
Di tahun 1948, Belanda mencoba untuk menguasai Indonesia kembali dan Bekasi dimasukan ke wilayah negara Pasundan yang berbatasan dengan Bulak Kapal.
Selanjutnya pada tahun 1961 nama Kabupaten Jatinegara diganti dengan Kabupaten Jakarta Timur dengan ibu kotanya di Cawang. Di tahun 1972 nama Kabupaten Jakarta Timur digantikan dengan kabupaten Bekasi dengan Cikarang sebagai ibukotanya dan yang sekarang menjadi wilayah kota Bekasi tumbuh dengan status kecamatan Bekasi.
Status Kecamatan Bekasi dinaikkan menjadi kota administratif pada tahun 1982 untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya seiring perkembangan pesatnya dari segi perindustrian, penduduk hingga infrastruktur.
ADVERTISEMENT
Dan pada akhirnya di tahun 1996 kota administratif Bekasi ditingkatkan menjadi kotamadya dengan nama Kota Bekasi hingga saat ini yang memiliki hari jadi setiap tanggal 10 Maret.

Ragam Fakta Bekasi

Berikut ini beberapa ragam fakta yang terangkum dari sejarah Bekasi dari zaman kerajaan hingga sekarang berkembang pesat sebagai kota yang mandiri:
Demikian penjelasan mengenai sejarah Bekasi beserta ragam fakta menariknya. (ARH)
ADVERTISEMENT