Sejarah Perkembangan Teater Broadway atau Drama Musikal

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
22 Maret 2024 22:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sejarah perkembangan teater broadway. Sumber: cottonbro studio/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sejarah perkembangan teater broadway. Sumber: cottonbro studio/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Broadway atau drama musikal adalah salah satu teater yang terkenal di Amerika Serikat. Adapun sejarah perkembangan teater broadway ini berawal dari inisiasi American theaters tahun 1735.
ADVERTISEMENT
Dewi dalam Gaya Kepemimpinan dalam Rumah Produksi Teater Musikal Nusantara sebagai Pelopor Pertunjukan Broadway di Indonesia menyebutkan bahwa broadway atau drama musikal adalah salah satu jenis teater yang berawal dari Amerika Serikat dan terkenal di dunia.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai sejarah perkembangan teater broadway, simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Sejarah Perkembangan Teater Broadway

Ilustrasi sejarah perkembangan teater broadway. Sumber: cottonbro studio/pexels.com
Broadway adalah nama jalan di Manhattan, New York, Amerika Serikat sekaligus menjadi jenis salah satu teater. Kawasan tersebut dikenal dengan banyaknya pertunjukan teater drama musikal.
Adapun sejarah perkembangan teater broadway berawal dari American Theaters di tahun 1735. Sekitar tahun 1866, terdapat pertunjukan musikal bersejarah, yaitu The Black Crook yang menggabungkan antara drama dan tarian. Hal inilah yang menjadi awal pertunjukan teater broadway .
ADVERTISEMENT
Di akhir abad ke-20 Masehi, jalan broadway ini digunakan untuk menunjukkan distrik teater, sensibilitas, serta kelompok.
Pada awalnya, pertunjukan teater broadway ini tidak mempunyai banyak peminat karena karya yang ditunjukkan tergolong sederhana. Namun, lambat laun drama musikal ini mulai dikenal oleh masyarakat dunia.
Terlebih lagi, ketika teater broadway menampilkan Disney, perlahan-lahan masyarakat pun mulai tertarik dengan teater ini. Disney sendiri pertama kali menyumbangkan penampilan pada 1994 dengan menampilkan cerita Beauty and The Beast.

Masa Keemasan Teater Broadway

Masa keemasan teater broadway telah berlangsung sekitar tahun 1940-an sampai 1950-an. Kala itu, terdapat pertunjukan-pertunjukan teater terkenal, seperti South Pacific dan Oklahoma!.
Di samping itu, ada pula penulis serta komposer yang menjadi figur penting dalam kesuksesan broadway tersebut, seperti Jerome Robbins, Oscar Hammerstein II, serta Richard Rodgers. Pertunjukan drama musikal tersebut bukan hanya sukses secara komersial, tetapi turut mengangkat standar dari seni teater tersebut.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, teater broadway ini juga menjadi rumah bagi seniman-seniman berbakat dunia, misalnya Julie Andrews, Ethel Merman, Audrey Hepburn, hingga Marlon Brando.
Demikian sederet informasi mengenai sejarah perkembangan teater broadway. [ENF]