Siapakah Raja Kediri yang Juga Ahli Dalam Meramal? Cek di Sini

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Raja Kediri yang Juga Ahli Dalam Meramal. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Raja Kediri yang Juga Ahli Dalam Meramal. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Raja Kediri yang juga ahli dalam meramal menjadi terkenal, bahkan hingga masa kini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku 24 Jam Jadi Peramal Cinta oleh Donatus A. Nugroho, meramal sudah ada sejak zaman dahulu dan berjalan bersamaan dengan berkembangnya peradaban manusia. Ada banyak sekali kisah maupun mitos yang berkaitan dengan meramal.
Terdapat sosok raja Kediri yang terkenal akan keahliannya dalam meramal, yaitu Raja Jayabaya.

Siapakah Raja Kediri yang Juga Ahli Dalam Meramal?

Ilustrasi Raja Kediri yang Juga Ahli Dalam Meramal. Sumber: Unsplash
Kerajaan Kediri pernah dipimpin oleh seorang raja bernama Jayabaya, yaitu sejak 1135 hingga 1157 Masehi. Selama masa kepemimpinannya, Raja Jayabaya dipuji atas kebesaran dan kekuatannya yang tidak terkalahkan oleh kerajaan lain.
Salah satu kekuatan Raja Jayabaya ditunjukkan ketika berhasil mengalahkan Kerajaan Jenggala serta menyatukan semua wilayah Airlangga. Dengan bersatunya tanah Jawa menjadikan kepemimpinan serta kekuatan Raja Jayabaya tak diragukan lagi.
ADVERTISEMENT
Turunnya Raja Jayabaya dari takhta sebagai raja tidak ada yang mengetahuinya secara pasti. Dalam sejarah disebutkan beliau turun takhta dengan menghilang tanpa adanya jasad.
Sebelum Raja Jayabaya menghilang, ia bertapa terlebih dahulu di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Di sana ia melepaskan seluruh mahkota serta pakaian kebesarannya.
Nama Raja Jayabaya tetap terkenal seiring berkembangnya zaman. Kehebatannya dalam menyatukan banyak wilayah menjadi prestasi tersendiri yang berhasil menorehkan sejarah berarti.
Tak hanya karena kekuatannya, Raja Jayabaya juga menjadi sangat terkenal karena ramalannya yang bernama Jangka Jayabaya. Ramalan tersebut tertuang dalam kitab yang dipercaya secara turun temurun. Pasalnya, beberapa ramalan diyakini telah terbukti.
Ramalan Raja Jayabaya yang terkenal yaitu mengenai kondisi Nusantara yang sudah terjadi. Dalam ramalan tersebut disebutkan kedatangan bangsa kulit putih yang membunuh dari jauh serta bangsa kulit kuning dari wilayah utara.
ADVERTISEMENT
Adapun arti dari ramalan tersebut yaitu kedatangan bangsa penjajah yang berasal dari Belanda dan Jepang yang ternyata benar terjadi.
Ramalan Raja Jayabaya yang tertuang dalam Kitab Musasar karya Sunan Giri Prapen tak sedikit diragukan apakah benar Raja Jayabaya yang membuatnya. Meski demikian, ramalan-ramalan Raja Jayabaya sangat populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Jawa.
Nah, itu dia sekilas pembahasan mengenai siapakah Raja Kediri yang juga ahli dalam meramal. (LAU)